EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATERI GELOMBANG BUNYI - Repositori Universitas Negeri Malang

EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Maharani, Nanda Intan (2022) EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat mengharuskan sumber daya manusia (SDM) memiliki keahlian yang dibutuhkan di abad ke-21 ini. Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu keterampilan krusial di abad ke-21. Keterampilan ini merupakan bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi. Diyakini bahwa siswa yang memiliki keterampilan ini akan tumbuh menjadi orang yang mampu menjawab tuntutan dari global. Organisaasi internasional The Partnership 21st Century memberikan instruksi untuk mengelaborasikan keterampilan berpikir tingkat tingi melalui proses pembelajaran yang berorientasi pada siswa (Anderson-Levitt, 2021). Sejumlah literatur menyelidiki model instruksional yang dinilai efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Model-model instruksional ini diantaranya ialah inquiry based learning, problem based learning, dan project based learning (Aránguiz et al., 2020; Mahanal et al., 2019; Suryanti et al., 2018a). Pembelajaran berbasis inquiry dapat mengelaborasikan keterampilan berpikir siswa melalui aktivitas langsung sehingga melibatkan proses mental dalam diri siswa, selain itu aktivitas eksperimen yang diterapkan guru dapat menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SD (Suryanti et al., 2018). Pembelajaran ini direkomendasikan untuk membantu siswa mengembangkan esensi berpikir analisis seperti memberikan pandangan teoritis, pengkajian, pertimbangan, inferensi, dan pengaturan diri (Wale & Bishaw, 2020). Hasil penelitian awal yang dilakukan di SDN 7 Kepanjen, SDN Panggungrejo 4, SDN 2 Kepanjen keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa ada pada klasifikasi sedang hingga rendah pada indikator menelaah fenomena 61%, merumuskan masalah 43%, menganalisis data 69%, memberikan argumen 68%, dan menyimpulkan data 71%. Upaya untuk mengelaborasi keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Banyak faktor yang dapat diberdayakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran salah satunya adalah perangkat pembelajaran (Prasinta et al., 2018). Sesuai dengan temuan observasi terhadap perangkat instruksional yang digunakan di SDN 1 Kepanjen, SDN 7 Kepanjen, SDN Panggungrejo 4, dan SDN 2 Kepanjen, LKPD yang digunakan untuk pembelajaran dibeli dari penerbit. Perangkat yang digunakan guru sekolah dasar untuk mengajar tidak membantu siswa mengembangkan kompetensi abad ke-21 mereka. Hasil analisis konten LKPD berisi materi pembelajaran dan latihan soal. Materi pembelajaran yang disajikan dalam LKPD tidak integratif. Latihan soal yang disajikan dalam LKPD menuntut jawaban yang bersifat hafalan dan tidak melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Mengingat konteks masalah ini, solusi perangkat pembelajaran berbasis inkuiri diperlukan untuk membantu siswa sekolah dasar mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka. Jenis studi ini adalah research and development dengan model Plomp. Studi ini mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis inquiry, terdiri atas RPP, LKPD, dan tes yang telah divalidasi kepada pakar di bidang pembelajaran IPA. Desain quasi experiment non equivalent control group digunakan dalam studi ini untuk membandingkan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan perangkat pembelajaran berbasis inquiry, sedangkan pada kelas kontrol diimplementasikan perangkat pembelajaran berbasis STAD (Student Team Achievement Division). Keterampilan berpikir siswa kelas IV SD meningkat secara signifikan dengan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri pada konten gelombang bunyi. Hasil ini menunjukkan validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat pembelajaran berbasis inkuiri yang sangat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Perangkat pembelajaran berbasis inkuiri dapat dikembangkan untuk berbagai tingkatan kelas dan materi pelajaran sebagai upaya berkelanjutan untuk memperkuat keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:44
Last Modified: 25 Sep 2023 05:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4386

Actions (login required)

View Item View Item