Yuswanto, Lely Tri (2010) Hambatan-hambatan belajar mahasiswa dalam menempuh matakuliah PBG 409 mekanika statis tentu di program studi pendidikan teknik bangunan jurusan teknik sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Lely Tri Yuswanto <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuswanto Tri L. 2009. Hambatan-Hambatan Belajar Mahasiswa dalam Menempuh Matakuliah PBG 409 Mekanika Statis Tentu di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Muryanto (2) Drs. Boedi Rahardjo M. Pd. M.T. Kata Kunci hambatan belajar mekanika statis tentu. Kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi sudah dibatasi oleh waktu tetapi ada kendala-kendala yang harus dihadapi oleh mahasiswa. Salah satunya yaitu menempuh matakuliah baru yang sulit dipahami seperti matakuliah PBG 409 Mekanika Statis Tentu. Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh data empiris tentang hambatan-hambatan belajar menempuh matakuliah tersebut yang dialami oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Hambatan-hambatan belajar bersifat dari dalam (internal) yaitu minat belajar bakat kuliah emosi jiwa perhatian belajar kebiasaan belajar penguasaan bahasa kesehatan metode pembelajaran dosen fasilitas perkuliahan kurikulum. Hambatan belajar bersifat dari luar (eksternal) yaitu cara orang tua mendidik hubungan keluarga suasana rumah/kost ekonomi keluerga broken home rindu kampung pengaturan waktu belajar rekreasi teman dekat organisasi kuliah dan bekerja. Penelitian ini termasuk penelitian survey deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling sebanyak 45 mahasiswa dari angkatan 2005 2006 dan 2007. pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner. Selanjutnya analisis data menggunakan perangkat lunak (softwere) komputer Microsoft Office Excell 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan belajar dari dalam (internal) di tinjau dari kondisi mahasiswa dipengaruhi oleh minat belajar dan kesehatan sebesar 52 5 % sedangkan hambatan belajar ditinjau dari kondisi kampus dipengaruhi oleh dosen sebesar 55 %. Hambatan belajar dari luar (eksternal) ditinjau dari kondisi keluarga yaitu cara orang tua mendidik sebesar 42 5 % dan tidak ada hambatan belajar ditinjau dari kondisi masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu minat belajar kesehatan dosen dan cara orang tua mendidik merupakan faktor penghambat matakuliah PBG 409 Mekanika Statis Tentu. Sehingga keempat faktor tersebut harus segera diatasi. Cara untuk mengatasi minat belajar yaitu menumbuhkan motivasi dan semangat dalam diri sendiri kesehatan dengan cara membiasakan pola hidup sehat dosen dengan cara memberikan motivasi dan semangat belajar dan orang tua senantiasa memperhatikan dan mengawasi kondisi mahasiswa. Penelitian ini dapat diperdalam lagi dengan melibatkan mahasiswa dosen dan ketua jurusan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43851 |
Actions (login required)
View Item |