Efek persepsi guru tentang kondisi lingkungan kerja terhadap semangat kerja (Studi pada program keahlian bangunan SMK di Kota Malang) / Heny Hartanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Efek persepsi guru tentang kondisi lingkungan kerja terhadap semangat kerja (Studi pada program keahlian bangunan SMK di Kota Malang) / Heny Hartanto

Hartanto, Heny (2010) Efek persepsi guru tentang kondisi lingkungan kerja terhadap semangat kerja (Studi pada program keahlian bangunan SMK di Kota Malang) / Heny Hartanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartanto Heny. 2009. Efek Persepsi Guru tentang Kondisi Lingkungan Kerja terhadap Semangat Kerja (Studi pada Program Keahlian Bangunan SMK di Kota Malang). Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Falkultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M. Pd. (II) Drs. Bambang Widarta M.T. Kata kunci Lingkungan kerja semangat kerja kepuasan kerja Kondisi lingkungan kerja merupakan salah satu hal yang penting bagi guru. Tersedianya lingkungan kerja yang baik dapat memberikan kenyamanan ba-gi guru. Disamping itu adanya kondisi lingkungan kerja yang baik dapat me-nimbulkan kepuasan dan dengan kepuasan dapat meningkatkan semangat kerja guru. Tetapi masih banyak diantara sekolah-sekolah kejuruan di kota Malang yang tidak menyadari bahwa begitu pentingnya penciptaan lingkungan kerja yang kon-dusif dapat berpengaruh terhadap kepuasan dan semangat kerja guru karena ke-banyakan dari sekolah lebih memfokuskan diri pada peningkatan prestasi dan na-ma baik sekolah. Oleh karena itu perlu diketahui tentang efek yang ditimbulkan dari lingkungan kerja baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap ke-puasan kerja dan semangat kerja guru. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur dalam penelitian ini ter-dapat tiga variabel yaitu variabel bebas yang terdiri dari lingkungan kerja fisik (X1) dan lingkungan kerja non-fisik (X2) variabel intervening kepuasan kerja (X3) dan variabel terikat semangat kerja guru (Y1). Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK program keahlian bangunan Se-Kota Malang dengan jumlah 30 guru. Dalam penelitian ini digunakan angket sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa (1) Terdapat efek positif secara langsung lingkungan kerja fisik terhadap kepuasan kerja sebesar 0 324 (2) Ter-dapat efek positif secara langsung lingkungan kerja non-fisik terhadap kepuasan kerja sebesar 0 732 (3) Terdapat efek positif secara langsung lingkungan kerja fisik terhadap semangat kerja sebesar 0 303 (4) Terdapat efek positif secara lang-sung lingkungan kerja non-fisik terhadap semangat kerja sebesar 0 600) (5) Ter-dapat efek positif secara langsung kepuasan kerja terhadap semangat kerja se-besar 0 818 (6) Terdapat efek positif secara tidak langsung lingkungan kerja fisik terhadap semangat kerja melalui kepuasan kerja sebesar 0 265 (7) Terdapat efek positif secara tidak langsung lingkungan kerja non-fisik terhadap semangat kerja melalui kepuasan kerja sebesar 0 599. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah terutama kepala sekolah agar lebih memperhatikan kondisi lingkungan kerja guru supaya guru merasa puas dalam bekerja sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan semangat dalam bekerja dan membimbing siswa-siswinya. Disarankan pula ke-pada para guru sebagai pendidik untuk lebih mempertahankan bahkan mening-katkan semangat kerja yang sudah baik menjadi lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43843

Actions (login required)

View Item View Item