Pengaruh penambahan limbah karet soal pada parameter marshall campuran aspal beton / Bondan Aji Prayoga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penambahan limbah karet soal pada parameter marshall campuran aspal beton / Bondan Aji Prayoga

Prayoga, Bondan Aji (2009) Pengaruh penambahan limbah karet soal pada parameter marshall campuran aspal beton / Bondan Aji Prayoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Transportasi merupakan salah satu pendukung perkembangan kemajuan suatu negara dimana pentingnya penyediaan sarana dalam hal ini adalah jalan raya karena merupakan kebutuhan utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui distribusi barang dan jasa dari dan menuju suatu wilayah dan mobilisasi penduduk melalui jalur darat. Ketersediaan infrastruktur jalan yang bermutu baik secara kualitas maupun kuantitas harus menjadi prioritas pembangunan bagi seluruh daerah agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi berbagai sektor produktif yang selanjutnya akan berdampak pada pembukaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat. Masalah yang dihadapi adalah buruknya kondisi jalan raya maka perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh penambahan limbah karet sol terhadap stabilitas marshall campuran aspal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar aspal optimum pada benda uji kontrol dan pengaruh dari penambahan Limbah Karet sol sebesar 0% 2% 4% 6% 8% 10% pada laston dibanding dengan yang ditambahkan limbah karet sol pada kadar aspal optimum. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Perkerasan Jalan dan Transportasi Universitas Negeri Malang dengan mengambil sampel agregat dari sisa limbah karet sol yang sudah tidak terpakai dan aspal minyak/aspal keras penetrasi 60/70 Benda uji kontrol dengan kadar aspal 4 5% 5% 5 5% 6% 6 5% 7% dan 7 5%. Benda uji penelitian ditambahkan Limbah Karet sol sebesar 0% 2% 4% 6% 8% 10% pada kadar aspal optimum semuanya dibuat 3 buah benda uji. Hasil penelitian ini diperoleh (1) kadar aspal optimum adalah 5 475% dengan campuran tanpa limbah karet sol dengan nilai stabilitas 1178 25 kg flow 3 75 mm VIM 5 3% VMA 20 72% dan Marshall quotient 313 24 kg/mm (2) pengaruh penambahan limbah karet sol ditinjau dari stabilitas Marshall dibandingkan campuran aspal dengan limbah karet sol adalah pada penambahan 2% diperoleh stabilitas Marshall 1132 8 kg pada penambahan 4% diperoleh stabilitas Marshall 1111 37 kg pada penambahan 6% diperoleh stabilitas Marshall 1283 91 kg pada penambahan 8% diperoleh stabilitas Marshall 1300 63 kg pada penambahan 10% diperoleh stabilitas Marshall 1427 28 kg. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penambahan limbah karet sol pada campuran berpengaruh terhadap parameter Marshall dimana nilai stabilitas Marshall semakin naik dengan bertambahnya kadar limbah karet sol dalam campuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43838

Actions (login required)

View Item View Item