Peningkatan pendapatan asli Daerah dari sektor parkir (Studi kasus daerah parkir barat Pasar Besar Malang) / Yan Isna Amalia

Amalia, Yan Isna (2010) Peningkatan pendapatan asli Daerah dari sektor parkir (Studi kasus daerah parkir barat Pasar Besar Malang) / Yan Isna Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia, Yan, Isna. 2009. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dari Sektor Parkir (Studi Kasus Daerah Parkir Barat Pasar Besar Malang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sugiyanto, S.T., M.T., (II) Pranoto, S.T., M.T. Kata kunci: karakteristik parkir, pendapatan asli daerah Parkir merupakan fasilitas penting pada pusat perbelanjaan. Lahan parkir yang tersedia seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan. Hal ini disebabkan karena keterbatasan area yang dimanfaatkan sebagai lahan parkir. Salah satu aspek yang mempengaruhi karakteristik lalu lintas juga parkir, oleh sebab itu parkir menjadi perhatian utama bila terjadi kemacetan di suatu pusat kota. Selain itu parkir juga merupakan sumber pemasukan bagi pemerintah, dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Permasalahannya adalah belum terukurnya karakteristik parkir yang meliputi akumulasi parkir, durasi parkir, parking turn over (tingkat pergantian parkir) dan indeks parkir serta bagaimana pendapatan parkir di Parkir Barat Pasar Besar Malang yang memberikan kontribusi pada peningkatan PAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik parkir kendaraan bermotor pada daerah Parkir Barat Pasar Besar Malang, serta untuk mengetahui seberapa besar kontribusi parkir terhadap PAD. Hasil penelitian ini didapatkan hasil akumulasi maksimum terjadi pada hari Sabtu yaitu pada interval waktu 10.31-10.45 sebanyak 123 sepeda motor dan pada pukul 07.46-08.00 sebanyak 65 mobil. Untuk durasi parkir rata-rata pemarkir memarkir kendaraannya dalam jangka waktu 0-30 menit. Tetapi juga ada kendaraan yang parkir sampai dengan empat jam bahkan lebih. Angka pergantian parkir (parking turn over) yang terjadi pada hari Jumat realatif lebih rendah dibandingkan dengan hari Sabtu yaitu pada angka 0,26 kend/petak/jam. Sedangkan yang terjadi pada hari Sabtu relatif tinggi, yaitu sebesar 0,37 kend/petak/jam. Dan hari libur atau hari Minggu ternyata lebih rendah dari hari-hari sebelumnya yaitu pada angka 0,21/kend/petk/jam. Untuk nilai indeks parkir yang terjadi di Parkir Barat Pasar Besar Malang rata-rata dibawah 100%. Seperti indeks parkir yang terjadi pada hari Jumat menunjukkan angka dibawah 100% yaitu 62,38%. Kemudian didapatkan prakiraan pendapatan dari sektor parkir (khususnya parkir Barat Pasar Besar Malang) sebesar Rp 283.752.000,- selama satu tahun. Besarnya jumlah target retribusi yang masuk dibagi dengan pembagian untuk petugas parkir sebesar 40%, yaitu sebesar Rp 113.500.800,- dan untuk disetorkan ke Pemerintah Daerah sebesar 60% yaitu sebesar Rp 170.251.200,-. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan perlu dilakukan pengaturan konfigurasi kendaraan baik hanya dengan merapatkan jarak antar kendaraan ataupun merubah pola parkir serta sudut posisi kendaraan dan studi lanjutan untuk menganalisis tarif parkir progresif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43833

Actions (login required)

View Item View Item