Analisis respon dan sikap guru terhadap penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMk Negeri 2 Trenggalek / Rivana Arisanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis respon dan sikap guru terhadap penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMk Negeri 2 Trenggalek / Rivana Arisanti

Arisanti, Rivana (2010) Analisis respon dan sikap guru terhadap penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMk Negeri 2 Trenggalek / Rivana Arisanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arisanti Rivana. 2007. Analisis Respon dan Sikap Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMKN 2 Trenggalek. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Muryanto (2) Drs. Mujiyono M.Pd Kata kunci respon sikap guru kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Masalah pendidikan adalah merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan. Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan atau dengan cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Dalam konteks inilah pembaharuan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran dilaksanakan dan tidak pernah berhenti (never ending process). Kurikulum sering dinilai tidak hanya menjadi momok tetapi juga menggangu dunia pendidikan. Pendidikan kita seperti di sandera oleh sistem kurikulum yang tak kunjung menghasilkan apa yang ada dalam cita-cita ideal kita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar respon dan sikap guru serta ada tidaknya hubungan antara respon dan sikap guru terhadap penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMKN 2 Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah menggunakan kuesioner berstruktur interview atau wawancara dan dokumentasi yang kemudian dari hasil penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Analisis statistik sesuai dengan karakteristik penelitian yang bersifat kuantitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis deskriptif dan analisis Product Moment. Analisis deskriptif sendiri digunakan untuk memperoleh informasi dan menguraikan gambaran tentang variabel yang diteliti. Sedangkan analisis Product Moment digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara respon dan sikap guru terhadap penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa guru mempunyai respon serta sikap yang tinggi terhadap penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang ditunjukkan dengan tingginya tingkat respon dan sikap guru dalam mengembangkan silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berdasarkan prinsip-prinsipnya peran dan tanggungjawab guru dan prosedur pengembangan silabus. Tingginya tingkat respon dan sikap guru dalam mengembangkan RPP berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mulai dari prinsip pengembangan cara pengembangan dan kinerja guru dalam pengembangan RPP tersebut. Tingginya tingkat respon dan sikap guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mulai dari melakukan pre test pembentukan kompetensi post test dan melakukan tindak lanjut dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Dari hasil analisis Product Moment juga ditemukan bahwa terdapat hubungan antara respon dan sikap guru terhadap penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43832

Actions (login required)

View Item View Item