Sumaryoto (2009) Pendekatan pengajaran model training within industri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Bangunan pada mata diklat kerja Batu di SMK Negeri 1 Balikpapan / Sumaryoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kemampuan siswa kelas X kualitas pada mata diklat praktik kerja batu masih rendah sehingga diperlukan suatu metode yang tepat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Program Studi Teknik Konstruksi Batu. Sehubungan hal tersebut perlu dilakukan perbaikan-perbaikan terutama pada konsep-konsep teknik dengan penerapan model pembelajaran yang lebih bervariasi dan inovatif. Dalam penelitian tindakan kelas ini diuji cobakan penerapan pembelajaran dengan Model Training Within Industri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan pengajaran model training within industri terhadap prestasi belajar siswa dan diharapkan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran yang inovatif untuk peningkatan prestasi belajar siswa. Model training within industri adalah suatu cara pembelajaran yang menekankan pada kegiatan mulai dasar sehingga diharapkan siswa dapat memiliki keterampilan yang lebih tinggi dan terlatih dari yang sudah dimilikinya. Dalam penerapan pembelajaran dengan model training within industri terdapat empat tahap yaitu (1) persiapan (2) peragaan (3) praktik dan (4) evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Balikpapan mulai tanggal 12 Nopember sampai 26 Nopember 2008. Obyek penelitian adalah siswa kelas X Program Studi Teknik Bangunan Gedung pada mata diklat Konstruksi Batu sebanyak 27 siswa yang dibagi menjadi delapan kelompok. Dilaksanakan dua siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan tindakan obsevasi dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dapat meningkat pada siklus I hasil yang dicapai adalah dari 27 siswa perolehan rata-rata nilai tes tulis siswa 6.99 dan nilai praktik siswa 6.88. Nilai prestasi belajar/kompetensi siswa pada siklus I adalah 6.92 dan 52% jumlah siswa belum tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus II hasil yang dicapai adalah dari 27 siswa perolehan rata-rata nilai tes tulis siswa 7.19 dan nilai praktik siswa 7.53. Nilai prestasi belajar/kompetensi siswa pada siklus II adalah 7.39 dan 85% jumlah siswa tuntas dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model training within industri dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran pada mata diklat kerja batu karena terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43830 |
Actions (login required)
View Item |