Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Geografi Materi Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Integrasi Sains dan Islam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Geografi Materi Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Integrasi Sains dan Islam

naasyifa'i, Fadhlullah El Rosyida (2022) Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Geografi Materi Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Integrasi Sains dan Islam. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Madrasah Aliyah (MA) adalah jenjang pendidikan formal yang setara dengan SMA ataupun SMK, namun dibawah naungan Kementrian Agama (Kemenag). Pada pembelajarannya dilengkapi penanaman, penerapan, dan ilmu ke Islam-an. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah pasti membutuhkan bahan ajar, seperti buku ajar. Bahan ajar yang beredar tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, pada hasil wawancara kepada guru mata pelajaran Geografi dan kepala perpustakaan MA Al-Umm Kota Malang, buku yang terintegrasi oleh sains Islam belum digunakan, bahkan belum tersedia. Hal tersebut menjadi latar belakang pengembangan bahan ajar sains Islam dengan mengambil judul “Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan”. Pengembangan ini memiliki tujuan menghasilkan suplemen bahan ajar dan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kelayakan penggunaan dari produk yang telah dihasilkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil berupa angka didapat ketika validator dan responden uji coba menjawab pernyataan pada instrumen kemudian akan dijabarkan atau digambarkan. Pengembangan bahan ajar ini telah melalui uji validitas sebanyak 3 (tiga) kali, yakni uji validitas kepada ahli materi, ahli media, dan ahli tafsir Al-Qur’an. Hasil validasi kepada ahli materi pertama memiliki jumlah skor 92% dengan kategori sangat menarik atau sangat mudah dipahami, ahli materi kedua memiliki jumlah skor 75% dengan kategori menarik atau mudah dipahami. Hasil validasi kepada ahli media memiliki jumlah skor 88% dengan kategori sangat menarik atau sangat mudah dipahami. Hasil dari validasi ahli Al-Qur’an memiliki jumlah skor 100% dengan kategori sangat menarik atau sangat mudah dipahami. Uji coba kepada responden dilakukan oleh peserta didik jurusan IPS di Madrasah Aliyah (MA) Al-Umm Kota Malang sebanyak 10 (sepuluh) peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:47
Last Modified: 25 Sep 2023 02:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item View Item