Hamdillah, Imam Sibawaih (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif konstruktivistik untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata diklat gambar konstruksi kayu program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 6 Malang semester genap tahun ajaran 2007/2008 / Imam Sibawaih Hamdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan refleksi terhadap hasil pembelajaran Gambar Konstruksi Kayu siswa kelas 1GB SMK Negeri 6 Malang selama ini diperoleh informasi ternyata bahwa rata-rata nilai dari tugas yaitu 65 dan rata-rata nilai ulangan harian 53. Kondisi ini menunjukkan bahwa kegiatan proses belajar mengajar dalam mata diklat Gambar Konstruksi Kayu mengalami permasalahan. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif konstruktivistik. Menurut Depdiknas (2003 1) Agar lulusan pendidikan nasional memiliki keunggulan kontributif dan komparatif sesuai standar mutu nasional dan internasional kurikulum perlu dikembangkan dengan pendekatan berbasis kompetensi. Penelitian ini dilakukan di SMKN 6 Malang Jln. Ki Ageng Gribig No. 28 Malang mulai bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2008. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas pengumpulan data yang dilakukan adalah aktivitas belajar siswa aktivitas guru prestasi belajar Siswa balikan siswa. Paparan data dan temuan penelitian mengenai penerapan pembelajaran ini yaitu aktivitas belajar siswa meningkat aktivitas guru cukup baik prestasi belajar siswa meningkat. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 68 75% sedangkan pada siklus II adalah 72 5%. Nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I sebesar 74 26 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus II sebesar 84 03. Ketuntusan belajar siswa di siklus I yaitu 96 77% dengan nilai terendah 8805 65 demikian juga pada siklus II siswa sudah menunjukkan ketuntasan dalam belajarnya ditunjukkan dengan hasil analisis bahwa ketuntusan belajar siswa di siklus II mencapai 100% dengan nilai terendah 8805 65. Seorang siswa disebut tuntas belajar bila telah mencapai skor 61619 65 dan ketuntasan klasikal tercapai apabila 85% siswa di kelas tersebut telah mencapai skor 61619 65. (Depdiknas 1994). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif konstruktivistik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas 1 GB pada Mata Diklat Gambar Konstruksi Kayu Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMKN 6 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2007/2008.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43828 |
Actions (login required)
View Item |