Saraswati, Niken (2009) Penggunaan media audio-visual/vcd untuk meningkatkan motivasi dan prestasi dan prestasi belajar siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan tentang gambar proyeksi isometri di SMK YP 17 Lumajang / Niken Saraswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan bagian integral dari kehidupan karena itu pendidikan harus dirancang dan dilaksanakan dalam kaitan yang harmonis dan selaras dengan aspirasi kehidupan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Untuk meningkatkan mutu pendidikan dilakukan berbagai cara salah satunya adalah dengan perbaikan mutu pembelajaran misalnya penggunaan media audio visual/VCD pada pembelajaran materi gambar proyeksi isometri di kelas yang rata-rata nilainya hanya sebesar 54 39 dengan persentase kelulusan sebesar 33 33% (yang memperoleh nilai 8805 7). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X GB tentang gambar proyeksi isometri setelah dilakukan tindakan menggunakan media audio visual/VCD. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk merangsang pikiran perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses belajar pada diri siswa. Video Compact Disc adalah sebuah peralatan elektronik audio visual yang menggunakan CD (Compact Disc) sebagai alat perekam/penyimpan data dan dapat menampilkannya kembali. Penelitian ini dilakukan di SMK YP 17 Lumajang pada tanggal 17 Desember 2007 sampai tanggal 15 Maret 2008. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X GB yang berjumlah 18 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen dari penelitian ini antara lain skenario pembelajaran lembar observasi angket dan soal-soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual/VCD pada pembelajaran gambar proyeksi isometri dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui melalui hasil angket motivasi belajar siswa yaitu nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 53 22 yang masuk dalam kategori tinggi. Dan pada siklus II nilai rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebesar 57 17 yang juga masuk dalam kategori tinggi. Dapat pula diketahui melalui hasil tes yang diberikan pada setiap akhir pembelajaran dimana nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 68 89 yang masuk dalam kategori sedang dengan persentase kelulusan sebesar 50%. Dari nilai-nilai tersebut terlihat adanya peningkatan bila dibandingkan dengan sebelum dilakukan tindakan yaitu nilai rata-ratanya hanya sebesar 54 39 (masuk kategori rendah) dengan persentase kelulusan sebesar 33 33%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan siklus I yaitu sebesar 75 61 yang masuk dalam kategori tinggi dengan persentase kelulusan sebesar 77 78%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa media audio visual/VCD tersebut dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X GB di SMK YP 17 Lumajang. Diharapkan media ini dapat dikembangkan menjadi lebih responsif interaktif dan menarik serta dapat diterapkan pada semua mata diklat yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43827 |
Actions (login required)
View Item |