Djoharesmi (2009) Meningkatkan kualitas pembelajaran pada kompetensi pembuatan instalasi air menggunakan model pembelajaran kooperatif (implementasi kerja siswa kelas X TKB SMK negeri 1 Balikpapan) / Djoharesmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan pengamatan kelas X TKB ini memiliki permasalahan yaitu rendahnya nilai prestasi belajar dalam pelajaran praktik plambing membuat instalasi air pada tahun 2007 lalu . Sering dijumpai bahwa siswa kesulitan dalam mengikuti pelajaran ini bahkan mengalami kegagalan. Hasil praktik siswa sebelumnya 52% nilainya dibawah standar ketuntasan minimum (SKBM) yang telah ditetapkan oleh sekolah 7 00. Banyak pekerjaan praktik membuat instalasi air ini yang tidak diselesaikan secara baik karena kesulitan pada pekerjaan praktik Dasar Konstruksi Bangunan (Plambing). Dari pengamatan peneliti selama melaksanakan pembelajaran praktik plambing kerja pipa di Program Keahlian Teknik Bangunan ternyata siswa banyak mengalami kesulitan dalam hal menentukan panjang uliran setelah alat penyambung dipasang dan cara mengatasinya sehingga hasil yang di dapat kurang maksimal. Sementara untuk pelaksanaan praktik rata-rata siswa tidak banyak mengalami permasalahan. Untuk mengatasi permasalaham tersebut dicobakan metode pembelajaran kooperatif model STAD yang diharapkan dapat membantu dan bermanfaat dalam perencanaan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dalam peningkatan proses pembelajaran pada pembuatan instalasi air pada matadiklat Dasar Konstruksi Banguan dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembuatan instalasi air pada matadiklat Dasar Konstruksi Bangunan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Balikpapan obyek yang dipilih adalah Matadiklat Dasar Konstruksi Bangunan (Plambing) kompetensi kerja pipa merakit instalasi air dengan jumlah 4 jam pelajaran dalam tiap pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Konstruksi Beton sebanyak 27 siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 5 - 6 orang siswa yang hiterogen artinya kelas yang digunakan tidak termasuk kelas unggulan Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara (1) Observasi digunakan sebagai rekaman/pengamatan catatan selama proses belajar mengajar praktik siswa berlangsung dengan menggunakan model kooperatif (2) Dokumentasi gambar/foto yang diambil selama kegiatan proses belajar siswa di bengkel dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD (3) Tes praktik kerja secara langsung setelah menggunakan pembelajaran koopertif lembar kriteria penilaian sebagai acuan (terlampir). Siswa dikatakan kompeten dalam (SKBM) jika mencapai nilai skor 7 00 yang tercantum dalam penilaian hasil belajar berbasis kompetensi menggunakn Penilaian Acuan Patokan (Criterion Reference Assesment) Berdasarkan pengamatan kelas X TKB ini memiliki permasalahan yaitu rendahnya nilai prestasi belajar dalam pelajaran praktik plambing membuat instalasi air. Penelitian dilakukan pada waktu kegiatan belajar mengajar praktik berlangsung di bengkel plambing. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan selama 3 bulan terhitung dari tanggal 16 Juni 28 Agustus tahun 2008. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang mengacu pada model yang dikembangkan Kemmis dan Tagar. Setiap siklusnya dengan tahap perencanaan pelaksanaan/observasi yang memuat pencatatan rekaman dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjuk bahwa pelaksanaan proses pembelajaran angket diberikan kepada siswa untuk menjaring umpan balik keefektifan pembelajaran menunjukkan dari hasil akhir siklus dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model koopertif STAD dalam matadiklat Dasar Konstruksi Bangunan (Plambing) kompetansi kerja pipa merakit instalasi air mendapat tanggapan atau respon positif dari siswa karena rata-rata presentasi tanggapan positif siswa sebesar 82 50% berarti siswa dapat menerima positif model pembelajaran STAD ini. Berdasarkan hasil proses pembelajaran kooperatif model STAD terlihat pada siklus I presentase hasil pengamatan adalah siswa aktif 74% dan yang tidak aktif 26% berarti pembelajaran ini dapat positif diterima siswa. Pada siklus ke II terdapat peningkatan siswa yang aktif menjadi 96% dan yang tidak aktif 4%. Hasil praktik sebelumnya 52% belum mencapai ketuntasan setelah pembelajaran kooperatif model STAD siterapkan pembelajaran praktik siswa meningkat pada siklus I ketuntasan klasikal 77% kategori cukup baik pada siklus II meningkat menjadi 87% dengan kategori baik. Dari rata-rata kompetensi merakit instalasi air dapat meningkat secara signifikan hal ini terlihat dari siklus I presentase rata-rata kompetensi dasar merakit instalasi air sebesar 78 17% dalam kategori cukup baik dan siklus II sebesar 86 87% dalam kategori baik. Dari hasil perolehan predikat tiap-tiap kelompok/tim siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil kompetensi siswa dimana dari tiap-tiap kelompok/tim telah menunjukan persaingan yang positif pada tiap-tiap kelompok/tim Team Reducing dengan selisih nilai 30 point predikat Super Team pada siklus II Team Tee dengan selisih nilai 31 point predikat The Best Team. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD ternyata dapat mengoptimalkan keaktifan siswa sebagai salah satu strategi pembelajaran praktik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan adanya peningkatan hasil nilai tes praktik adanya interaksi dan kerja sama antar siswa dalam kelompok dan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat/ide sehingga model kooperatif diterima dengan positif sehingga disarankan untuk para guru-guru jurusan Program Studi rumpun Bangunan khususnya untuk pelajaran mata diklat Produktif agar dapat meningkatkan kreativitas variasi mengajar praktik mengimplementasikan pemebelajaran kooperatif model STAD sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat guru dapat memilah metode yang tepat dan untuk selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan dengan matadiklat lain seperti pelejaran Normatif dan Adaptif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43825 |
Actions (login required)
View Item |