Sinaga, Jahumosing (2009) Peningkatan prestasi belajar siswa dengan metode proyek pada siswa kelas 2 Teknik Perkayuan di SMK Negeri 1 Balikpapan / Jahumosing Sinaga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sinaga. J 2008. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Metode Proyek Pada Siswa kelas 2 Teknik Perkayuan di SMK Negeri 1 Balikpapan Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Heru Muryanto. (II) Drs.Wasis M.T Kata kunci prestasi belajar metode proyek praktik kerja kayu Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan realita bahwa kemampuan siswa teknik perkayuan dalam pembelajaran praktik kerja kayu masih rendah hal tersebut dapat dilihat pada tiga tahun terakhir dari hasil prosentase ketuntasan siswa pada tahun 2005 adalah 65% tahun 2006 adalah 67% dan tahun 2007 adalah 70% untuk itu perlu dilakukan perbaikan-perbaikan terutama pada konsep-konsep teknik yang bersifat rumit diantaranya dengan penerapan metode pembelajaran yang lebih bervariasi menarik dan dalam penelitian tindakan kelas ini diujucobakan penerapan pembelajaran metode proyek. Tujuan penelitian ini adalah meningkatakan prestasi hasil belajar siswa pada kompetensi membuat kusen pintu kayu di SMK Negeri 1 Balikpapan melalui penerapan metode proyak. Sedangkan manfaat penelitian adalah Peningkatan prestasi belajar siswa Metode proyek merupakan salah satu cara penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah kemudian dibahas dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahanya secara keseluruhan dan bermakna. Dalam penerapan pembelajaran dengan metode proyek ialah adanya kegiatan merencana yang matang sebelum melaksanakan kegiatan memecahkan dan menyelesaikan masalah yang di hadapi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan subyek penelitian adalah dua puluh enam orang siswa kelas 2 teknik perkayuan. Penelitian ini dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah sebagai berikut Rancangan penelitian Instrumen penelitian Subyek penelitian Teknik pengumpulan data Teknik analisa data dan Indikator keberhasilan. Sedangkan tahap penelitian tindakan kelas melalui tiga siklus. Siklus pertama dengan tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Siklus kedua dan ketiga dengan tahapan-tahapan yang sama dengan siklus tertama. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) dengan proses pelaksanaan tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi metode proyek yang sesuai dengan perencana dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa sehingga mencapai batas ketuntasan kompetensi. (2) adanya peningkatan prosentase ketuntasan 61 54% pada siklus I 84 62% pada siklus II dan menjadi 100% pada siklus III. Berdasarkan hasil analisa dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode proyek dapat digunakan salah satu metode pembelajaran praktik karena terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kompetensi pembuatan kusen pintu di SMK Negeri 1 Balikpapan. Kepada guru yang mengajar mata diklat produktif untuk menerapkan metode proyek dalam pembelajaran praktik. Kepada siswa disarankan agar cara belajar dengan metode proyek ini dapat digunakan pada mata diklat lain sehingga penguasaan bahan ajar akan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43823 |
Actions (login required)
View Item |