Muharisnan, Muharisnan (2022) Pengaruh asesmen diagnostik dan mobile learning dalam model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 2 Kayuagung / Muharisnan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Project based learning merupakan pembelajaran kreatif dan inovatif yang berpusat pada peserta didik (student centered) dan menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator, di mana peserta didik diberi peluang bekerja secara mandiri ataupun kelompok untuk mengkontruksi belajarnya dengan menggunakan penerapan Asesmen diagnostik dan Mobile learning (m-learning) yaitu pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan perangkat mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asesmen diagnostik dan mobile learning dalam model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest – posttest nonequivalent control group design dan desain faktorial 2x2. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X, subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas ekperimen dan kontrol yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Kelas ekperimen adalah kelas X.1 dan kelas kontrol adalah kelas X.2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan asesmen diagnostik terhadap hasil belajar geografi, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis melalui two way anova diperoleh nilai signifikansi 0,008 < 0,05, yang menyatakan terdapat pengaruh. (2) ada pegaruh ada mobile learning dalam model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar, terlihat dari hasil analisis two way anova 0,006 < 0,05, sehingga dikatakan terdapat pengaruh. (3) ada interaksi ada interaksi antara asesmen diagnotik dan mobile learning dalam model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi, dengan hasil analisis two way anova 0,035 < 0,05 sehingga dinyatakan ada pengaruh interaksi. Rata - rata hasil belajar geografi siswa dan asesmen diagnostik kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran yang diberikan kepada guru bahwa menggunakan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar karena terbukti memberikan hasil belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 05:38 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 07:38 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4382 |
Actions (login required)
View Item |