Mujiwati, Tuti (2009) Penggunaan pembelajaran kooperatif model Jigsaw untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas II dalam mata diklat gambar teknik bangunan di SMK Negeri I Balikpapan / Tuti Mujiwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mujiwati Tuti. 2008. Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II dalam Mata Diklat Gambar Teknik Bangunan di SMK Negeri I Balikpapan. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II) Drs. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd. Kata kunci hasil belajar jigsaw gambar bangunan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada mata diklat gambar bangunan diperlukan suatu metode yang tepat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II Teknik Gambar Bangunan pada mata diklat gambar bangunan dicobakan pembelajaran teknik jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan metode jigsaw terhadap prestasi belajar siswa dan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk perencanaan pembelajaran yang inovatif untuk peningkatan prestasi belajar siswa. Teknik jigsaw adalah salah satu metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan kooperatif dengan penekanan pelaksanaan pembelajaran berpusat pada siswa yaitu kelas dibagi dalam kelompok kecil terdiri dari 3-5 orang dengan masing-masing kelompok mendapat tugas berbeda dimaksudkan untuk membentuk sifat kebersamaan saling menghargai menerima kekurangan dan kelebihan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Balikpapan mulai tanggal 19 Desember 2007 sampai 20 Februari 2008. Subjek penelitian adalah siswa kelas II Teknik Gambar Bangunan sebanyak 18 siswa dan dua orang guru. Dilaksanakan dua siklus penelitian ini mengacu pada model yang dikembangkan Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya dengan tahapan perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Angket diberikan kepada siswa untuk menjaring umpan balik pelaksanaan pembelajaran tes digunakan untuk mengukur taraf kemampuan akademis siswa baik sebelum dan sesudah pembelajaran observasi untuk menilai aktivitas siswa dan guru di dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I hasil pre tes 71 52% dan post tes 83 3% siklus II pre tes 75% dan pos tes 100%. Dari angket tingkat pemahaman siswa rata-rata siklus I sebelum pembelajaran 47 91% sesudah 64 35% dan siklus II sebelum 62% sesudah 91%. Dari hasil observasi rata-rata tingkat keaktifan relatif siklus I 69 41% tergolong dalam kategori aktif dan siklus II 80 53% berarti sangat aktif. Hasil angket tentang tanggapan siswa prosentase tingkat penerimaan siswa adalah 73 19% berarti siswa dapat menerima positif model pembelajaran ini. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat di simpulkan bahwa teknik jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa jadi lebih senang dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru sering mengimplementasikan teori-teori belajar sehingga hasil uji kompetensi siswa jurusan Gambar Teknik Bangunan dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43819 |
Actions (login required)
View Item |