Karakteristik terminologi debit sungai di daerah aliran sungai Brantas Hulu / Arik Winarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik terminologi debit sungai di daerah aliran sungai Brantas Hulu / Arik Winarno

Winarno, Arik (2009) Karakteristik terminologi debit sungai di daerah aliran sungai Brantas Hulu / Arik Winarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Informasi tentang karakteristik debit sungai diperlukan dalam pengelolaan debit. Untuk mengetahui informasi karakteristik debit sungai berdasarkan terminologinya dibagi menjadi 5 musim yaitu musim kering musim rendah musim normal musim cukup dan musim lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetah karakteristik terminologi debit sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas Hulu dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para petani untuk menentukan pola tanam. Karakteristik debit sungai berdasarkan terminologinya dilakukan di sungai Brantas Hulu. Data debit yang diteliti diperoleh dari data sekunder pada stasiun Tawangrejeni dan Stasiun Gadang yaitu tahun 1991 1996 2001 dan 2006. Metode yang digunakan untuk analisis trend dengan menggunakan uji Kruskal Wallis. Berdasarkan hasil perhitungan besar debit musim kering 10 02 m3/dt debit rendah 14 27 m3/dt debit normal 19 69 m3/dt debit cukup 28 07 m3/dt debit lebih 44 20 m3/dt. Pada debit musim kering tidak ada trend debit rendah sulit diprediksi debit normal sulit diprediksi debit cukup sulit diprediksi debit lebih tidak ada trend. Jumlah kejadian debit sebanyak debit musim kering 12 hari debit rendah 74 hari debit normal 67 hari debit cukup 53 hari debit lebih 68 hari. Trend jumlah kejadian debit musim kering sulit diprediksi debit rendah tidak ada trend debit normal sulit diprediksi debit cukup tidak ada trend dan debit lebih tidak ada trend. Dengan melihat hasil dari pengujian dapat disimpulkan bahwa pada sungai Brantas Hulu kondisi dalam keadaan rusak tidak terlalu parah. Bagi para petani pada waktu menanam padi disarankan dimulai pada bulan Januari sampai dengan April karena terjadi musim penghujan dan penanaman palawija disarankan dimulai pada bulan Juli September Oktober November karena terjadi musim kering (kemarau).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43810

Actions (login required)

View Item View Item