Aksesabilitas transportasi pada perumahan pinggiran Kota Malang bagian barat / Lusi Mariati - Repositori Universitas Negeri Malang

Aksesabilitas transportasi pada perumahan pinggiran Kota Malang bagian barat / Lusi Mariati

Lusi Mariati (2010) Aksesabilitas transportasi pada perumahan pinggiran Kota Malang bagian barat / Lusi Mariati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini pembangunan perumahan di kota-kota besar sudah banyak bergeser menuju penggiran kota atau wilayah pengembangan kota.Hal ini diakibatkan terbatasnya lahan untuk perumahan sehingga membuat mahalnya harga tanah di pusat perkotaan. Demikian juga di kota Malang dengan bertambahnya perumahan perumahan baru di pinggiran kota berakibat terjadinya perkembangan pada daerah sekitarnya sehingga berdampak pada jumlah penduduk kota Malang. Sangat menarik untuk ditinjau keberadaan kawasan perumahan pinggiran kota Malang wilayah barat dari sisi aksesibilitas transportasi. Dalam hal ini yang ditinjau adalah pola perjalanan masyarakat di daerah perumahan pinggiran kota Malang wilayah barat tersebut. Studi ini tidak diarahkan untuk menyelesaikan masalah aksesibilitas di perumahan tersebut tetapi hanya memfokuskan pada studi yang lebih mendasar yaitu mengenai karakteristik aksesibilitas transportasi pada perumahan tertentu. Terdapat beberapa konsep perencanaan transportasi yang telah berkembang samapai dengan saat ini yang paling populer adalah Model Perencanaan Transportasi Empat Tahap . Model perencanaan ini merupakan gabungan dari beberapa seri submodel yang harus dilakukan secara terpisah dan berurutan. Submodel tersebut adalah 1). Aksesibilitas 2). Bangkitan dan Tarikan Pergerakan 3). Sebaran Pergerakan 4). Pemilihan Moda 5). Pemilihan Rute dan 6). Arus Lalu Lintas Dinamis. Aksesibilitas adalah konsep yang menggabungkan sistem pengaturan tata guna lahan secara geografis dengan sistem jaringan transportasi yang menghubungkannya. Aksesibilitas adalah suatu ukuran kenyamanan atau kemudahan mengenai cara lokasi tata guna lahan berinteraksi satu sama lain dan mudah atau susah nya lokasi tersebut dicapai melalui sistem jaringan transportasi (Black 1981) dalam Tamim (2000 32). Aksesibilitas digunakan sebagai ukuran struktur spasial suatu kota dan selanjutnya digunakan untuk mengevaluasi struktur tersebut dalam bentuk sosial. Beberapa contoh yang diberikan akan menjelaskan hal ini. Hasil kerja di Inggris (Dallal 1980) dalam Tamim (2000 38) bertujuan untuk mengukur aksesibilitas angkutan umum di kota London. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk menunjukkan variasi aksesibilitas keluarga akan kebutuhan angkutan umum. 2. Untuk mengidentifikasi daerah yang perlu diperbaiki pelayanan angkutan umumnya. 3. Untuk menguji dampak perubahan angkutan umum terhadap aksesibilitas apakah perubahan tersebut berhasil memperbaiaki aksesibilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43794

Actions (login required)

View Item View Item