Perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasi mahasiswa angkatan tahun 2006/2007 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / A. Taufani Ira - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasi mahasiswa angkatan tahun 2006/2007 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / A. Taufani Ira

A. Taufani Irawan (2009) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasi mahasiswa angkatan tahun 2006/2007 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / A. Taufani Ira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan kajian Departemen Pendidikan Nasional diketahui hanya 20% lulusan SLTA yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Untuk itu pemerintahberusaha meningkatkan rasio SMA SMK menjadi 40 60. Kebijakan ini menuntut dibukanya adanya jurusan pendidikan teknik pada pendidikan tinggi keguruan. Salah satunya adalah Program studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Dalam kenyataannya input mahasiswa yang masuk prodi ini beragam yaitu dari SMA MA dan SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan dari (1) latar belakang pendidikan dan (2) motivasi berprestasinya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah diduga ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa dilihat dari (1) latar belakang pendidikan sekolah dan (2) motivasi berprestasinya. Prestasi Belajar adalah hasil belajar terakhir yang dicapai dalam jangka waktu tertentu (Suryabrata 2002 67). Latar belakang pendidikan menurut M. Noor syam (1987) adalah hasil atau prestasi yang dicapai oleh perkembanganmanusia dan usaha-usaha lembaga tersebut dalam mencapai tujuannya. Motivasi berprestasi menurut McClelland (1967) adalah suatu usaha untuk mencapai kesuksesan yang bertujuan untuk berhasil dalam persaingan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Populasi penelitian iniadalah mahasiswa angkatan tahun 2006/2007 Program Studi Pendidikan TeknikBangunan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang sebanyak 68 yang sekaligus menjadi sampel penelitian dengan menggunakan teknik sensus sampling. Untuk menguji hipotesis penelitian ini data dianalisis secara deskriptif. Selain itu data juga dianalisis menggunakan uji analisis One Way Anova dengan menggunakan Statistical Program for Social Saint (SPSS) 14.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa IP rata-rata mahasiswa asal SMA adalah 2.78 dari MA adalah 2.55 dan dari SMK adalah 2.50. Kemudian responden asal SMA sebanyak 27 orang bermotivasi tinggi dan 18 orang bermotivasi rendah responden asal MA 4 orang bermotivasi tinggi dan 5 orang bermotivasi rendah sedangkan responden asal SMK sebanyak 6 orang bermotivasi tinggi dan 8 orang bermotivasi rendah. Kesimpulan dalam penelitian adalah terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasinya. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar mahasiswa hendaknya meningkatkan motivasi berprestasinya sehingga dapat memperoleh prestasi belajar yang baik. Selain itu latar belakang pendidikan hendaknya tidak menjadikan mahasiswa terpengaruh dalam mencapai prestasi belajar yang setinggi-tingginya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43785

Actions (login required)

View Item View Item