Inellasari Puspita Dewi (2009) Hambatan-hambatan belajar mahasiswa dalam menempuh perkuliaan di program studi pendidikan teknik bangunan jurusan teknik sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Inellasari Puspita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan bangsa dan negara. Kemajuan suatu bangsa dapat diukur melalui kualitas dan kuantitas pendidikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh fakta emperis tentang hambatan akademis dan non akademis yang dialami oleh mahasiswa. Menurut Slameto hambatan-hambatan yang mempengaruhi masalah belajar. (1) faktor internal a. faktor jasmaniah b. faktor psikologis (2) faktor eksternal a. keluarga b. sekolah c. masyarakat. Populasi sejumlah 245 orang mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan. Banyak responden sebanyak 140 orang mahasiswa diambil dengan teknik aksidental sampling terdiri dari 21 mahasiswa Angkatan 2002 18 mahasiswa Angkatan 2003 15 mahasiswa Angkatan 2004 32 mahasiswa Angkatan 2005 54 mahasiswa Angkatan 2006. Pengumpulan data berupa angket pilihan tertutup. Anlisa data menggunakan softwere Statistical Program For Social saint (SPSS) 14.00 for windows. Hambatan belajar dari dalam/akademis terdiri dari 2 indikator (1) Pengaruh belajar siswa ditinjau dari kondisi siswa (2) Ditinjau dari kondisi sekolah. Hambatan belajar dari luar/non akademis terdiri dari 2 indikator (1) Pengaruh belajar siswa ditinjau dari kondisi keluarga (2) Ditinjau dari kondisi masyarakat.Hasil penelitian ini pengaruh belajar siswa ditinjau dari kondisi siswa memiliki persentase tertinggi yaitu penggunaan bahasa sebesar 52.9 % pengaruh belajar siswa ditinjau dari kondisi sekolah memiliki persentase tertinggi yaitu kurikulum perkuliahan sebesar 42.1 % pengaruh belajar siswa ditinjau dari kondisi keluarga memiliki persentase tertinggi yaitu cara orang tua mendidik sebesar 75.7 % pengaruh belajar siswa ditinjau dari kondisi masyarakat memiliki persentase tertinggi yaitu pengaturan waktu belajar dengan istirahat sebesar 58.6%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hambatan belajar dari dalam/akademis pengaruh belajar siswa ditinjau dari kondisi sekolah mengatakan bahwa kurikulum perkuliahan tidak menghambat proses belajar mengajar. Hambatan belajar dari luar/non akademis pengaruh belajar siswa ditinjau dari kondisi keluarga menyatakan cara orang tua mendidik. kurang menghambat proses belajar mengajar. Sehingga disarankan (1) kepada pihak Jurusan untuk membangun perpustakaan di Jurusan. (2) Dosen jika mengajar menggunakan bahasa Indonesia (3) kepada peneliti lain yang berminat pada masalah yang sama agar mempeluas ruang lingkup melaksanakan penelitian lanjutan atau melaksanakan dengan jenis penelitian lain
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43783 |
Actions (login required)
View Item |