Verifikasi analitis kinerja program Duflow untuk pengsimulasian sistem aliran satu dimensi / Supriadianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Verifikasi analitis kinerja program Duflow untuk pengsimulasian sistem aliran satu dimensi / Supriadianto

Supriadianto (2009) Verifikasi analitis kinerja program Duflow untuk pengsimulasian sistem aliran satu dimensi / Supriadianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingkat penguasaan sistem input-output program DUFLOW dan minimnya buku referensi penunjang adalah faktor yang mempengaruhi hasil desain penggunaan program pada saluran terbuka yang berlebihan (over design). Untuk mengetahui kinerja program DUFLOW dan menambah referensi dilakukan verifikasi analitis kinerja program DUFLOW untuk pengsimulasian sistem aliran satu dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja program Duflow dengan verifikasi analitis untuk pengsimulasian sistem aliran satu dimensi dan diharapkan dapat digunakan sebagai referensi penyempurnaan program serta acuan dasar input-output program DUFLOW. Rancangan penelitian dalam penelitian ini mendeskriptifkan fakta nyata perbedaan keluaran hasil program DUFLOW terhadap hasil perhitungan analitis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil berdasarkan kasus-kasus aliran pada saluran terbuka yang membahas tentangi (1)kinerja software terhadap hukum kontinuitas aliran (2)kinerja software untuk mengsimulasikan aliran tidak beraturan (gradually varied flow) (3)kinerja software untuk mengsimulasikan aliran melalui bangunan pengontrol berupa peluap(ambang ) (4)kinerja software untuk mengsimulasikan aliran melalui bangunan pengontrol berupa pintu air dan (5)kinerja software untuk mengsimulasikan aliran tidak permanen (unsteady flow). Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa bahwa hasil perhitungan analitis lebih besar dari keluaran program DUFLOW dengan prosentase selisih tertentu. Hasil perbedaan ini dapat terjadi karena penggunaan rumus baku perhitungan yang berbeda antara perhitungan analitis dan DUFLOW dan penggunaan metode numerik dalam komputerisasi akan menghasilkan hasil perhitungan yang lebih teliti. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bebarapa saran untuk (1)melakukan penelitian tambahan dilapangan dengan membandingkan hasil perhitungan analitis maupun DUFLOW dengan keadaan nyata dilapangan dalam menentukan metode perhitungan analitis dan numeris yang paling mendekati dengan hasil nyata (2)memverifikasi analitis kinerja program DUFLOW terhadap masalah kualitas air yang belum dibahas dalam penelitian ini dan (3)memperhatikan sistem input dan output program DUFLOW bagi para pengguna agar diperoleh hasil perencanaan yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43782

Actions (login required)

View Item View Item