Kualitas sumber belajar pengajaran praktik pada program keahlian konstruksi batu beton (Studi kasus: Sekolah menengah Kejuruan Teknologi Balung Jember/oleh Fenti Andriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Kualitas sumber belajar pengajaran praktik pada program keahlian konstruksi batu beton (Studi kasus: Sekolah menengah Kejuruan Teknologi Balung Jember/oleh Fenti Andriana

Fenti Andriana (2009) Kualitas sumber belajar pengajaran praktik pada program keahlian konstruksi batu beton (Studi kasus: Sekolah menengah Kejuruan Teknologi Balung Jember/oleh Fenti Andriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan kejuruan sangat memegang peranan penting dalam penyiapan tenaga kerja. Seperti disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2003 pasal 15 pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Dari ungkapan pasal tersebut secara jelas nampak bahwa kependidikan kejuruan dituntut untuk mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja. Oleh karena itu sumber belajar harus betul-betul disiapkan oleh lembaga pendidikan sebagai wahana pokok dalam kegiatan pembelajaran. Untuk itu perlu diketahui pula sejauh mana kualitas sumber belajar pada pengajaran praktik di SMK Teknologi Balung Jember. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru dan siswa SMK Teknologi Balung Jember yang yang spesifikasinya pada Konstruksi Beton. Kelas yang dianggap memenuhi syarat untuk dijadikan sampel untuk diteliti terdiri dari 30 siswa dari dua kelas yaitu II III. Peneliti menetapkan sampel dari keseluruhan siswa yang hadir. Untuk guru ditetapkan sampel dari jumlah guru keseluruhan yaitu sebanyak 4 orang. Karena sampel diambil semua dari jumlah populasi yang ada maka pengumpulan sampel termasuk sampel total. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif prosentase. Secara umum diperoleh kesimpulan bahwa untuk kualifikasi tenaga pengajar dan laboran antara lain untuk pendidikan guru/instruktur pendidikan tambahan yang di peroleh guru untuk pengalaman mengajar guru termasuk kualifikasi cukup baik. Untuk kualitas dan kuantitas peralatan dan media praktik tergolong cukup baik yaitu tempat praktik tata letak aliran listrik penerangan tempat menyimpan alat-alat jenis ruangan praktik luas ruangan praktik. Sedangkan yang memiliki kategori baik adalah peralatan yang sesuai dengan kebutuhan praktik jumlah peralatan praktik alat-alat kerja tangan alat-alat bantu kerja. Untuk yang tergolong kurang baik adalah jenis peralatan dan untuk yang tergolong kategori sangat kurang baik adalah untuk alat-alat mesin. Pada kualitas dan kuantitas buku-buku penunjang praktik untuk yang termasuk kategori baik yaitu pengklasifikasian sirkulasi dan tata letak perpustakaan. Sedangkan yang termasuk cukup baik adalah macam buku jumlah buku keadaan gedung perpustakaan ruangan perpustakaan bahan-bahan pustaka aliran listrik reverensi luas ruangan suasana perpustakaan peralatan dan perlengkapan dan koleksi-koleksi terbaru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43769

Actions (login required)

View Item View Item