Ilmi Makbulah (2009) Kualitas pengajaran praktik pada mata diklat praktik kerja batu di sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Glagah Banyuwangi / oleh Ilmi Makbulah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan kejuruan adalah pendidikan yang lebih ditekankan pada penyiapan tenaga kerja tingkat menengah maka siswa SMK harus betul-betul mampu dan dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja. Seperti yang tertulis dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS dalam penjelasannya pada pasal 15 Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Selama ini guru-guru SMK Negeri I Glagah Banyuwangi telah melaksanakan pengajaran praktik kerja batu secara maksimal. Namun bagaimanakah kualitas perencanaan pengajaran praktik yang dilakukan guru-guru mata diklat kerja batu Bagaimanakah pelaksanaan pengajarannya dan bagaimanakah evaluasinya Sampai saat ini masih belum diteliti/dikaji secara ilmiah. Masalah tersebut perlu diteliti untuk mengetahui gambaran obyektif pelaksanaan pengajaran kerja batu di SMK. Berpijak pada tujuan penelitian rancangan penelitian ini digolongkan sebagai penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri I Glagah Banyuwangi bidang keahlian teknik bangunan yang terdiri dari kelas I II dan III. Untuk memudahkan proses penelitian dari SMK yang menjadi sampel penelitian ini diambil sebagai responden siswa yaitu siswa yang mendapatkan mata diklat kerja batu dan guru pengajar mata diklat kerja batu. Karena yang diambil hanya siswa kelas 3 berjumlah 32 siswa maka teknik yang digunakan adalah teknik Quota sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan angket. Sebagaimana dijelaskan di atas metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif maka teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif persentase. Secara umum diperoleh kesimpulan untuk kualifikasi perencanaan pengajaran praktik pada sekolah menengah kejuruan yang terdiri dari 5 indikator skor rata-rata (mean) adalah 3.26 yang berada pada rentangan 2.75 3.45 termasuk dalam kualifikasi cukup baik. Pelaksanaan pengajaran praktik pada sekolah menengah kejuruan yang terdiri dari 21 skor rata-rata (mean) adalah 4.07 yang berada pada rentangan 3.50 4.20 termasuk dalam kualifikasi baik. Evaluasi pengajaran praktik pada sekolah menengah kejuruan yang terdiri 4 skor rata-rata (mean) adalah 3.75 yang berada pada rentangan 3.50 4.20 termasuk dalam kualifikasi cukup baik. Secara umum kualitas pengajaran praktik pada mata diklat kerja batu di SMK Negeri I Glagah Banyuwangi termasuk dalam kualifikasi baik maka disarankan sebaiknya guru lebih meningkatkan pengajaran praktiknya untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang lebih berkualitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43768 |
Actions (login required)
View Item |