Analisis kebutuhan ruang parkir pada Fakultas Teknik dan Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang / oleh Nur Ikwantoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebutuhan ruang parkir pada Fakultas Teknik dan Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang / oleh Nur Ikwantoko

Nur Ikwantoko (2009) Analisis kebutuhan ruang parkir pada Fakultas Teknik dan Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang / oleh Nur Ikwantoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kampus merupakan salah satu pusat kegiatan perkuliahan dan perkantoran hal ini tidak terlepas dari masalah perparkiran kendaraan bermotor. Kegagalan dalam mengatasi masalah perparkiran dapat mengakibatkan kemacetan kenyamanan lingkungan terganggu dan juga mengundang dampak kerawanan yaitu berupa pencurian kendaraan ataupun asesoris kendaraan. Masalah inilah yang perlu dipecahkan dengan melakukan survei lapangan untuk mengetahui permasalahan yang ada secara tepat sehingga dapat diperoleh alternatif pemecahan masalah yang mungkin dapat diterapkan. Pemecahan masalah tersebut dapat dilakukan dengan perluasan area parkir maupun penataan ulang area parkir. Studi ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik parkir pada FT dan FMIPA Universitas Negeri Malang sehingga dapat diketahui kebutuhan ruang parkir dilingkungan tersebut. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum durasi parkir yang dilakukan oleh kendaraan berkisar 91 120 menit 121 150 menit 151 180 menit dan 181 - 210 menit. Hal ini sesuai dengan waktu kuliah dari setiap mata kuliah pada FT dan FMIPA yaitu antara 2 3 SKS dimana 1 SKS berdurasi 50 menit. Nilai Turn Over maksimum pada area parkir FT termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 2.53 untuk mobil dan 2.85 untuk motor sedangkan pada area parkir FMIPA termasuk kategori rendah yaitu sebesar 1.90 untuk mobil dan 0.82 untuk sepeda motor. Nilai indek parkir yang melebihi dari 100% pada FT untuk mobil terjadi pada hari Selasa untuk sepeda motor terjadi pada hari Senin sampai Rabu. Sedangkan nilai indek parkir yang melebihi dari 100% pada FMIPA untuk mobil tidak terjadi tetapi untuk sepeda motor terjadi pada hari Selasa dan Rabu. Akumulasi maksimum FT untuk sepeda motor sebesar 294 motor terjadi pada pukul 08.46 09.00 untuk mobil terjadi pada pukul 11.31 - 12.00 sebesar 27 mobil akumulasi maksimum FMIPA terjadi pada pukul 10.31 10.45 sebesar 356 motor dan untuk mobil sebesar 36 mobil pada pukul yang sama. Berdasarkan akumulasi maksimum tersebut kebutuhan parkir di FT sebesar 343 SRP untuk sepeda motor dengan luas lahan 514.5 m2 dan 31 SRP untuk mobil dengan luas lahan 356.5 m2 sedangkan pada FMIPA sebesar 416 SRP untuk sepeda motor dengan luas lahan 624 m2 dan 76 SRP untuk mobil dengan luas lahan 874 m2 . Dari area parkir yang diteliti semua memerlukan penambahan ruang parkir kecuali area parkir mobil FMIPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43764

Actions (login required)

View Item View Item