Minat berprofesi menjadi guru bagi siswa bidang keahlian bangunan di SMK Negeri 1 Singosari / oleh Embun Dini Dillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Minat berprofesi menjadi guru bagi siswa bidang keahlian bangunan di SMK Negeri 1 Singosari / oleh Embun Dini Dillah

Embun Dini Dillah (2009) Minat berprofesi menjadi guru bagi siswa bidang keahlian bangunan di SMK Negeri 1 Singosari / oleh Embun Dini Dillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang disahkan pada tanggal 6 Desember 2005 telah mengangkat jabatan guru menjadi profesi yang kedudukannya sejajar dengan profesi lainnya. Dengan diundangkannya Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen tersebut diduga respon masyarakat terhadap profesi guru mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar minat siswa SMK Negeri 1 Singosari Bidang Keahlian Bangunan terhadap profesi guru. Dengan demikian diharapkan dengan lahirnya Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 pembangunan nasional dalam bidang pendidikan atau mutu pendidikan meningkat. Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu dan merupakan suatu dorongan kuat untuk melakukan sesuatu demi tercapainya tujuan dan cita-cita yang diinginkan. Minat adalah keingintahuan atau suatu keadaan yang menyebabkan seseorang ingin tahu dan belajar tentang suatu hal serta mengambil bagian pada hal tersebut atau yang membangkitkan perhatian. Minat juga dapat muncul dari pengaruh luar yaitu lingkungan selain muncul dari dalam diri sendiri. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Singosari sejumlah 301 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel acak berstrata atau stratified random sampling yang diambil 20% dari jumlah keseluruhan yaitu kelas1 (97 siswa) kelas 2 (104 siswa) dan kelas 3 (100 siswa) Bidang Keahlian Bangunan. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang hasilnya dianalisa dengan perhitungan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi minat berprofesi menjadi guru adalah faktor intrinsik dengan indikator minat dan bakat (kelas 1 (45%) kelas 2 (40%) dan kelas 3 (50%)) motivasi ekstrinsik dengan indikator peningkatan kesejahteraan kepedulian sosial terhadap pendidikan dan karir pofesi guru bagus (kelas 1 (40%) kelas 2 (50%) dan kelas 3 (70%)) dan persepsi positif dengan indikator guru selalu belajar dan guru sangat dihormati di masyarakat (kelas 1 dan 3 (75%) kelas 2 (60%)). Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi siswa SMK Negeri 1 Singosari Bidang Keahlian Bangunan yang cenderung untuk memilih profesi guru setelah lulus studi lebih diarahkan untuk melanjutkan jenjang pendidikan keguruan. Bagi lembaga pendidikan Universitas Negeri Malang Jurusan Teknik Sipil Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan hendaknya dapat memenuhi fungsinya sebagai lembaga yang menyiapkan tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43755

Actions (login required)

View Item View Item