Tempurung kelapa (coconut shell) sebagai bahan bakar padat alternatif terbarukan ditinjau dari karakterisasi sifat fisik, kimia dan termal / Ari Irawan

Irawan, Ari (2019) Tempurung kelapa (coconut shell) sebagai bahan bakar padat alternatif terbarukan ditinjau dari karakterisasi sifat fisik, kimia dan termal / Ari Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Irawan, Ari. 2018. Tempurung Kelapa (coconut shell) sebagai Bahan Bakar Padat Alternatif Terbarukan Ditinjau dari Karakterisasi Sifat Fisik, Kimia Dan Termal, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Sukarni, S.T.,M.T (II) Dr. Retno Wulandari, S.T,.M.T Kata kunci: Tempurung kelapa (coconut shell), Nilai Kalor, Physical properties, Chemical properties, Dekomposisi pembakaran, Energi aktivasi Meningkatnya jumlah populasi penduduk di Indonesia akan meningkatkan jumlah konsumsi energi tiap tahunnya. Masyarakat modern sedang berusaha untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat, cadangan bahan bakar fosil yang semakin menipis dan kualitasnya terus-menerus memburuk. Perlu adanya solusi bahan bakar padat alternatif biomassa yaitu biomassa yang dapat menggantikan. Biomassa yang berpotensi sebagai pengganti adalah tempurung kelapa. Hal tersebut di sebabkan lahan perkebunan yang luas di Indonesia dan hasil kelapa yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui physical properties (kadar air, volatil, karbon tetap, abu dan nilai kalor) dengan pengujian proximat. Kemudian chemical properties (C,H,O,N,S dan senyawa mineral) dengan pengujian ultimat dan SEM-EDX untuk melihat morfologi dan kandungan mineral. Dekomposisi pembakaran padaheating rate10oC/min dengan menggunakan udara atmosfer 100ml/min pada rentang temperatur 25-1000oC. Energi aktivasi dari tempurung kelapadi tentukan menggunakan model fitting. Hasil pengujian proximate analysis tempurung kelapa menunjukan kandungan air 4%, kadar volatil 70,8%, karbon tetap 21,8% dan abu 3,4%. Nilai kalor tempurung kelapa(coconut shell) sebesar 19,59 MJ/kg. Hasil chemical properties menunjukan nilai komposisi kimia C, H, O, N,S dari tempurung kelapa dengan besar unsur 51,34%, 5,32%, 35,43%, 0,24% dan 0,18%. Hasil SEM-EDX tempurung kelapa mengandung unsur kimia C, O, S, K, Si, P, Mg, Al, Ca, Cl, Fe serta Pengujian dekomposisi tempurung kelapa menghasilkan 4 tahapan dekomposisi yaitu: Pelepasan kandungan air, pelepasan kadar volatil, pelepasan arang, dan abu sebagai sisa pembakaran. Nilai energi aktivasi menunjukkan bahwa energi aktivasi dengan metode Coats-Redfern sebesar 64,241 kJ/mol, metode Arrhenius 138,977 kJ/mol dan metode Horowitz-Metzger116,68 kJ/mol. Hasil ini menunjukkan nilai kandungan yang berpotensial sebagai bahan bakar padat alternatif terbarukan serta dapat dijadikan dasar dalam pembuatan desain tungku pembakaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43729

Actions (login required)

View Item View Item