Gambut (Peat) Sebagai Bahan Bakar Alternatif Ditinjau Dari Karakteristik Nilai Kalor, Sifat Fisik, Kimia dan Dekomposisi Pembakaran / Ardianto Prasetiyo

Prasetiyo, Ardianto (2019) Gambut (Peat) Sebagai Bahan Bakar Alternatif Ditinjau Dari Karakteristik Nilai Kalor, Sifat Fisik, Kimia dan Dekomposisi Pembakaran / Ardianto Prasetiyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetiyo, Ardianto. 2018. Gambut (Peat) Sebagai Bahan Bakar Alternatif Ditinjau Dari Karakteristik Nilai Kalor, Sifat Fisik, Kimia dan Dekomposisi Pembakaran. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sukarni S.T., M.T, (II) Dr. Retno Wulandari S.T., M.T. Kata kunci: Gambut, Sifat fisik, sifat kimia, Dekomposisi pembakaran, Energi aktivasi Biomassa gambut menjadi alternatif menggantikan bahan bakar fosil sebagai bahan baku bahan bakar biomassa terbarukan. Potensi biomassa menggantikan bahan bakar fosil merupakan cadangan energi yang tersimpan cukup besar dan laju pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan bahan bakar fosil. Dalam skripsi ini, gambut peat telah diteliti dalam hal nilai kalor, sifat fisik dan kimia sebagai salah satu penentu kelayakannya untuk bahan bakar biomassa. Karakteristik dekomposisi pembakaran pada udara atmosfer dan perilaku termal diteliti dengan melakukan percobaan termogravimetrik analisis pada temperatur kamar sampai 1000oC. Kandungan energi gambut dievaluasi dengan bom kalorimeter dengan menunjukan hasil sebesar 23,36 MJ/kg. Analisis proksimat gambut peat dilakukan menggunakan ASTM D 3173-17, ASTM D 3175-17, ASTM D 3172-13 dan ASTM D 3174-12. Dimana hasil pengujian tersebut menunjukan kadar air, volatil dan karbon tetap cukup tinggi, sedangkan kadar abu rendah, yaitu masing-masing 25,6%, 44,2%, 30% dan 0,2wt% (air received). Komposisi kimia biomassa gambut dievaluasi dengan uji ultimat dan energi dispersif X-ray (EDX). Hasil analisis menunjukan bahwa kandungan utama yang mendominasi biomassa gambut adalah unsur C, H, O, N dan S yaitu masing-masing 48,57; 3,11; 21,81; 0,55 dan 0,16%. Kandungan lignin dan selulosa menunjukan hasil sebesar 19,68 dan 16,34%. Perilaku termal pembakaran gambut peat dengan udara atmosfer diteliti dengan melakukan percobaan pada Mettler Toledo Thermal Analyzer dengan laju pemanasan 10oC/min. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembakaran gambut peat terjadi dalam empat tahap. Dimulai dengan tahap devolatilisasi awal pelepasan kandungan air, dekomposisi termal volatil dan karbon tetap serta tahap terakhir abu sebagai sisa pembakaran arang. Nilai energi aktivasi gambut dianalisis menggunakan metode Coats-Redfern, Arrhenius dan Horrowitz Metzger sebesar 40,36 ; 44,67 dan 73 kJ/mol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43726

Actions (login required)

View Item View Item