Analisis karakteristik sisi potong (sheared edge) pembuatan lubang produk keychain cranioplasty plate pada proses punching menggunakan metode elemen hingga / Muhammad Baril Cholif Arrahman

Arrahman, Muhammad Baril Cholif (2019) Analisis karakteristik sisi potong (sheared edge) pembuatan lubang produk keychain cranioplasty plate pada proses punching menggunakan metode elemen hingga / Muhammad Baril Cholif Arrahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arrahman, Muhammad. Baril. C. 2018. Analisis Karakteristik Sisi Potong (Sheared Edge) Pembuatan Lubang Produk Keychain Cranioplasty Plate Pada Proses Punching Menggunakan Metode Elemen Hingga. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Andoko, S.T., M.T., (II) Didin Zakariya Lubis, S.Pd., M.Eng. Kata Kunci : Punching, Karakteristik Sisi Potong, Keychain Cranioplasty Plate, Metode Elemen Hingga. Proses punching merupakan salah satu jenis proses pemotongan(cutting) dengan cara memberi perlakuan tekan pada benda kerja sampai melewati batas elastis dari material. Dalam proses punching untuk mendapatkan karakteristik sisi potong yang halus pada proses punching perlu diperhatikan desain blanking dies, desain blanking punch, pemilihan material, ketebalan material, dimensi material, jarak antara die dan punch(clearance). Keychain cranioplasty plate merupakan salah satu jenis plat implan yang digunakan di bagian wajah. Pada penelitian menggunakan metode elemen hingga menghasilkan solusi sehingga dapat mengurangi penelitian eksperimen dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi proses punching pembuatan produk keychain cranioplasty plate untuk menghasilkan karakteristik sisi potong yang baik. Optimasi proses punching dalam simulasi dilakukan dengan memberi variasi clearance dan variasi bentuk pisau tool punch. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan software ANSYS Explicit Dynamic. Dalam proses punching nilai kecepatan tumbukan yang digunakan sebesar 2600 mm/min. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa clearance dan bentuk pisau tool punch dapat mempengaruhi dalam proses punching untuk mendapatkan karakteristik sisi potong yang baik. Dari hasil penelitian dengan memberi variasi clearance semakin besar dan semakin kecil nilai clearance hasil karakteristik sisi potong akan kasar. Karakteristik sisi potong yang halus berada pada clearance 2,5 % untuk pembuatan lubang produk keychain cranioplaty plate. Pada bentuk pisau tool punch, bentuk pisau tool punch flat memiliki hasil karakteristik sisi potong yag baik. Sedangkan pada bentuk pisau tool punch dengan memberi fillet atau champhered semakin besar nilai radius hasil karakteristik sisi potong akan semakin kasar atau tidak baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43725

Actions (login required)

View Item View Item