Pengaruh variasi kuat arus dan durasi pulsa proses EDM pada tungsten carbide terhadap laju pengikisan material dan kekasaran permukaan / Muhammad Jauharul Maqnun

Maqnun, Muhammad Jauharul (2019) Pengaruh variasi kuat arus dan durasi pulsa proses EDM pada tungsten carbide terhadap laju pengikisan material dan kekasaran permukaan / Muhammad Jauharul Maqnun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Maqnun, M.J. 2018. Pengaruh Variasi Kuat Arus dan Durasi Pulsa Proses EDM pada Tungsten Carbide terhadap Laju Pengikisan Material dan Kekasaran Permukaan. Skripsi, Program Studi S1 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Aminnudin, S.T., M.T. (2) Didin Zakariya Lubis, S.Pd., M.Eng. Kata Kunci: Kuat Arus, Durasi Pulsa, Laju Pengikisan Material, Kekasaran Permukaan, Proses EDM, Tungsten Carbide Electrical Discharge Machining (EDM) merupakan salah satu pemesinan nonkonvensional yang mampu mengerjakan semua material konduktor yang memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi dengan bentuk yang rumit. Proses EDM bekerja dengan memanfaatkan percikan api listrik yang dihasilkan pada celah antara elektroda dan benda kerja yang terendam oleh cairan dielektrik untuk mengikis permukaan benda kerja. Karakteristik dari percikan api listrik tersebut dapat diatur dengan memasukkan parameter pemesinan yang paling tepat sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan industri. Karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan hasil produk yang memilki kualitas tinggi dengan biaya produksi yang kecil dan waktu pemesinan yang singkat. Penelitian ini menggunakan tungsten carbide sebagai benda kerja dan tembaga CuCr sebagai elektroda pahat. Parameter yang diamati adalah kuat arus (I) dan durasi pulsa (T on) dengan nilai 5, 10, 15 A dan 150, 400, 600 μs sedangkan hasil yang akan dianasisis adalah laju pengikisan material (MRR) dan kekasaran permukaan (Ra). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimental. Alat yang digunakan yaitu mesin EDM, surface rougness tester dan neraca digital. Data yang diperolah akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pengikisan material paling tinggi terjadi pada I=15 A dan T on=150 μs dengan nilai 0,020416394 mm3/min sedangkan kekasaran permukaan yang paling rendah terjadi pada I=5 A dan T on=150 μs dengan nilai 3,70 μm. Perpaduan antara nilai laju pengikisan material tinggi dengan kekasaran permukaan rendah terjadi pada I=15 A dan T on=150 μs dengan nilai 0,020416394 mm3/min dan 4,93 μm. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin besar kuat arus maka laju pengikisan material dan kekasaran permukaan akan semakin meningkat. Sedangkan semakin besar durasi pulsa maka laju pengikisan material menurun dan kekasaran permukaan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43724

Actions (login required)

View Item View Item