Simulasi pengaruh pemberian pemerataan crash initiator terhadap penyerapan energi dan deformasi desain crash box akibat pembebanan impact / Panhar Noor Mulya

Mulya, Panhar Noor (2019) Simulasi pengaruh pemberian pemerataan crash initiator terhadap penyerapan energi dan deformasi desain crash box akibat pembebanan impact / Panhar Noor Mulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ix RINGKASAN Mulya, Panhar. N. 2018. Simulasi Pengaruh Pemberian Pemerataan Crash Initiator Terhadap Penyerapan Energi Dan Deformasi Desain Crash Box Akibat Pembebanan Impact. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Andoko, S.T., M.T., (II) Didin Zakariya Lubis, S.Pd., M.Eng. Kata Kunci : Crash Initiator, Penyerapan Energi, Deformasi, Crash Box. Kecelakaan merupakan kejadian yang tidak diharapkan oleh semua orang, sehingga solusi dengan memberikan sistem keamanan pada kendaraan sanagat diperlukan. Crash box biasanya diharapkan dapat menyerap energi tabrakan.. Crash box memiliki berbagai jenis bentuk penampang sehingga banyak penelitian yang mencoba mengembangkan untuk menentukan penampang terbaik. Tetapi dari peanampang terbaik masih terdapat kemungkinan untuk meningkatkan nilai penyerapan energi salah satunya diberi crash initiator. Crash initiator memiliki potensi untuk meningkatkan nilai penyerapan energi, pemberian crash initiator dapat dilakukan melalui simulasi numerik untuk mengurangi biaya penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai penyerapan energi crash box dari peneliti sebelumnya dengan memberikan pemerataan crash initiator pada bagian ujung, tengah, bawah, dan seluruh bagian crash box. Crash box yang digunakan berpenampang circle, hexagonal, dan trapezoid origami. Analisis ini dilakukan melalui metode elemen hingga dengan bantuan software Ansys dengan kecepatan tumbukan 7,67 m/s. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pemerataan crash initiator cenderung merubah nilai penyerapan energi yang terjadi pada crash box. Pemberian pemerataan crash initiator di bagian tengah crash box mengalami peningkatan nilai penyerapan energi sebesar 10,45% untuk penampang circle, 7,99% untuk penampang hexagonal, dan 7,74% untuk penampang trapezoid origami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43721

Actions (login required)

View Item View Item