Studi komparasi penggunaan bahan bakar LPG dan bahan bakar premium terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor empat tak / Muhamad Jainudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi penggunaan bahan bakar LPG dan bahan bakar premium terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor empat tak / Muhamad Jainudin

Jainudin, Muhamad (2013) Studi komparasi penggunaan bahan bakar LPG dan bahan bakar premium terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor empat tak / Muhamad Jainudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jainudin M. 2013. Studi Komparasi Penggunaan Bahan Bakar Lpg dan Bahan Bakar Premium Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Empat Tak. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (II) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci Bahan Bakar LPG Premium Daya Emisi Gas Buang Salah satu dampak buruk yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor adalah emisi gas buang yang kurang ramah lingkungan. Di salah satu kota di Indonesia produksi gas CO sebesar 54.800 ton/tahun dan 98% dihasilkan oleh kendaraan NOx sebesar 5.650 ton/tahun SOx sebesar 16.100 ton/tahun dan produksi HC sebesar 3.100 ton/tahun. Perbaikan kualitas udara membutuhkan perhatian khusus agar udara kembali ramah lingkungan. Salah satu aspek yang bisa diambil untuk memperbaiki kualitas udara adalah dengan melakukan substitusi bahan bakar alternatif dari premium ke LPG. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada daya dan emisi gas buang sepeda motor empat tak dengan menggunakan bahan bakar LPG dan bahan bakar premium. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu di mana sepeda motor empat tak berbahan bakar LPG dan premium diuji dalam keadaan statis. Pengujian daya dilakukan dengan menggunakan dynotest sedangkan untuk pengujian emisi gas buang dilakukan dengan menggunakan gas analyzer. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa rata-rata daya yang dihasilkan sepeda motor dengan bahan bakar LPG adalah 6.2 hp sedangkan premium adalah 7.3 hp. Rata-rata emisi gas buang CO yang dihasilkan oleh sepeda motor dengan bahan bakar LPG adalah sebesar 0.8 %vol sedangkan premium sebesar 1.3%vol. Rata-rata emisi gas buang CO2 yang dihasilkan oleh sepeda motor dengan bahan bakar LPG adalah sebesar 5.5 %vol sedangkan premium sebesar 5.39%vol. Rata-rata emisi gas buang HC yang dihasilkan oleh sepeda motor dengan bahan bakar LPG adalah sebesar 197.91 ppm sedangkan premium sebesar 135.76 ppm. Dari hasil penelitian ini tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada daya emisi gas buang CO dan emisi gas buang CO2 sepeda motor empat tak dengan menggunakan bahan bakar LPG dan bahan bakar premium. Sedangkan untuk emisi gas buang HC terdapat perbedaan yang signifikan pada emisi gas buang tersebut. Emisi gas buang HC pada sepeda motor dengan menggunakan bahan bakar premium lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan bakar LPG. Akan tetapi pada putaran 4000 rpm emisi gas buang HC pada LPG mengalami penurunan sebesar 52.11 %. Selanjutnya dengan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LPG bisa digunakan sebagai bahan sepeda motor untuk substitusi dari bahan bakar premium. Daya dan emisi gas buang dari bahan bakar LPG juga bisa dimaksimalkan menjadi lebih baik dengan adanya converter kit yang tepat untuk sepeda motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43695

Actions (login required)

View Item View Item