Budianto (2010) Pengaruh advance organizer dan peta konsep terhadap hasil dan retensi belajar pengerjaan logam dasardi kelas 1 SMK Negeri I Singosari oleh Budianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Belajarb emrakram erupakans uatup rosesd alam pembelajarany ang berfrurpi untukm engaitkanin formasi yang baru dengani nformasi yang mereka dapats ebelumnyaB.e lajarb ermaknas angatb aik dibandingkand enganb elajar hafslana dapunk eungguland alam belajarb ermaknaa dalahm udahm engingat kcmbalii nformasi-informasyia ng telah lama merekam iliki. Hal ini sangat nendukungd alamp rosesb elajark hususnyad i dunia pendidikan.A usubeld an Novak jnga memperkenalkabne lajarb ermaknad enganm etodey angb erbeday ait.t Advance Organizery angdiperkenalkano leh Ausubel dan PetaK onsepd iperkenalkano leh Novak. Adapun dalam kedua metode ini memiliki suatu tujuan yaitu bagaimana belajary angb aik dan efektif untuk prosesb elajard an mendapatkanh asil maksimal. Dalam penelitian ini mencoba tiga starategi yaitu advance oqganiser peta konsepd anm etodey ang digunakand i SMK Negeri 1 SingosariM alang(Ceramah). Adapunp erhatiany ang utama dalamp enelitiani ni adalahk elasq dvanceo rganizer danp etak onsepP. enelitiand ilalrukand i tiga kelas (1M2 lM3 1M5) mendapatkan materyi angs amad an mendapatkanw aktu yang samap ula. Adapun dalam pngambilan data penelitian dengan mengguji instrumen di kelas lMl. Sedangkan dalamp engambiladna tap enelitiank elompoke ksperimeny aitu setelahs iswa mendapatkamna terid an dilanjutkanu ji hasil belajar dan retensiy ang berjarak2 ninggu dari hasil belajar yang pertama. Ilasil penelitiand enganm engunakanu ji anovas atujalan dapatd isimpulkan bahwa( l ) Tidak adap erbedaanh asil belajarm aupunr etensib elajar antarakelompok yangm enggunakaand vanceo rganizerd enganm etodec eramahy ang selamai ni di gunakanS MK Negeri I Singosari ( 2) Ada perbedaanh asil belajarm aupunr etensi belajara ntarak elompoky ang menggunakanp eta konsepd enganm etodey ang di gunakans elamain i di SMK Negeri 1 Singosari ( 3) Tidak ada perbedaanh asil belajar dan retensi belajar antara kelompk advance organizer dengan peta konsep. Adapun hasil dalam penelitian di atas yang ada pada paragrap ketiga bahwa adap erbedaanre tensia ntarak elompoky ang mengunakanm etodep etak onsep denganm etodec ermah.I v akak ami sarankana garm etodey ang selamai ni di terapkand i SMK Negeri 1 Singosari diganti denganm etodea ltematif yaitu Peta konsepk hususnyap adam ata pelajaranP engerjaanL ogam Dasard an dapatk ami sarankaang ard ilalokan penelitianl ebih lanjut misalnyam etodey ang berbeda maupunm atap elajarany angb erbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |