Pengaruh penghalusan dinding dalam intake manifold dan variasi putaran motor terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada Honda Supra Fit / Tomi Rachmad Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penghalusan dinding dalam intake manifold dan variasi putaran motor terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada Honda Supra Fit / Tomi Rachmad Santoso

Tomi Rachmad Santoso (2009) Pengaruh penghalusan dinding dalam intake manifold dan variasi putaran motor terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada Honda Supra Fit / Tomi Rachmad Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada sebuah motor bakar saluran intake manifold berfungsi sebagai penghantar campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang pembakaran saluran hisap intake manifold memang kurang memegang peranan terpenting namun desain dari intake manifold berpengaruh pada homogenitas dan kecepatan aliran campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang pembakaran. Saluran intake manifold standart memiliki permukaan yang kasar seperti kulit jeruk sehingga memiliki faktor gesekan aliran fluida yang tinggi sehingga komposisi campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar kurang efektif dalam memenuhi kebutuhan motor. Hasil yang ingin dicapai dengan dihaluskannya permukaan dalam dinding intake manifold agar permukaan yang menyerupai kulit jeruk hilang adalah adanya peningkatan tekanan aliran campuran udara dan bahan bakar yang masuk keruang bakar lebih tinggi sehingga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dan kadar emisi gas buang yang dihasilkan pada Honda Supra Fit. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang signifikan pada Honda Supra Fit yang menggunakan Intake Manifold Standart dan yang telah dihaluskan (2) mengetahui perbedaan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang signifikan pada Honda Supra Fit yang menggunakan Intake Manifold Standart dan yang telah dihaluskan pada putaran motor 1500 4000 dan 7000 rpm (3) mengetahui adanya interaksi yang signifikan antara jenis intake manifold standart dan yang telah dihaluskan dengan putaran motor 1500 4000 dan 7000 rpm terhadap konsumsi bahan bakar dan kadar emisi gas buang yang dihasilkan pada Honda Supra Fit. Intake Manifold yang digunakan adalah intake manifold Honda Genuine Parts yang mempunyai desain dan kualitas bahan sesuai standart pabrik dan intake manifold Genuine Parts yang diberi perlakuan. Perlakuan yang digunakan adalah perlakuan dengan penghalusan permukaan dinding intake manifold dengan menggunakan kertas gosok atau ampelas sehingga permukaan yang menyerupai kulit jeruk pada intake manifold tidak tampak lagi. Sedangkan putaran motor yang digunakan adalah untuk putaran rendah diwakili oleh putaran 1500 rpm untuk putaran menengah diwakili oleh putaran 4000 rpm dan untuk putaran tinggi diwakili oleh putaran 7000 rpm. Penelitian untuk kadar emisi gas buang dilaksanakan di laboratorium Suzuki Universitas Negeri Malang Jl. Surabaya No 6 Malang pada tanggal 02 November 2007. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Analisis hasil penelitian yang digunakan adalah Anava dua jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan jenis Intake Manifold terhadap Konsumsi bahan bakar sebesar 20 detik. Terdapat perbedaan yang signifikan jenis intake manifold terhadap emisi gas buang produk CO sebesar 6 7 % dan untuk produk HC sebesar 28 % yang dihasilkan pada Honda Supra Fit (2) Terdapat perbedaan jenis intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar dengan putaran motor 1500 rpm sebesar 59 detik putaran 4000 rpm sebesar 1 detik dan 7000 rpm sebesar 2 detik. Terdapat perbedaan jenis intake manifold terhadap emisi gas buang CO dengan putaran motor 1500 rpm sebesar 9 2 % putaran 4000rpm sebesar 4 3 % dan 7000 rpm sebesar 4 9 %. Dan untuk produk HC dengan putaran motor 1500 rpm sebesar 35 % putaran 4000 rpm sebesar 1 6 % dan 7000 rpm sebesar 24 % (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara jenis intake manifold standart dan yang dihaluskan dengan putaran motor 1500 4000 dan 7000 rpm terhadap konsumsi bahan bakar. Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara jenis intake manifold standart dan yang telah dihaluskan dengan putaran motor 1500 4000 dan 7000 rpm terhadap emisi gas buang produk CO. Terdapat interaksi yang signifikan antara jenis intake manifold standart dan yang telah dihaluskan dengan putaran motor 1500 4000 dan 7000 rpm terhadap emisi gas buang produk HC. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan CC sepeda motor yang berbeda untuk mengetahui perbedaan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan pada sepeda motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43683

Actions (login required)

View Item View Item