Iwan Wahyudi (2009) Hubungan pengelolaan pembelajaran dan media dengan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah peralatan otomotif di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang angkatan 2005-2006 / Iwan Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Motivasi belajar merupakan salah satu syarat penting bagi keberhasilan syarat belajar (Munandir 1996). Dalam belajar Motivasi memegang peranan yang sangat penting karena menumbuhkan gairah rasa senang dan semangat untuk belajar. Agar pembelajaran itu menghasilkan sesuatu sebagai mana yang diharapakan maka baik mahasiswa maupun dosen perlu memiliki sikap dan kemampuan yang mendukung pengelolaan pembelajaran itu. Umar Hamalik (1999 13) mengemukakan bahwa media adalah sebagai alat bantu belajar siswa yang dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Matakuliah peralatan otomotif merupakan matakuliah yang di dalamnya memuat atau membahas alat-alat yang biasa dipakai di Bengkel dengan harapan para calon mekanik atau instruktur dapat mengerti benar penggunaan dan fungsi dari alat-alat tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi belajar Mahasiswa pada matakuliah peralatan otomotif di Jurusan PTM FT UM mendeskripsikan media Pembelajaran Mahasiswa pada matakuliah peralatan otomotif di Jurusan PTM FT UM mendeskripsikan Pengelolaan pembelajaran Mahasiswa pada matakuliah peralatan otomotif di Jurusan PTM FT UM menguji signifikasi hubungan antara pengelolaan pembelajaran dan motivasi belajar Mahasiswa pada matakuliah peralatan otomotif di Jurusan PTM FT UM menguji signifikasi hubungan antara media pembelajaran dan motivasi belajar Mahasiswa pada matakuliah peralatan otomotif di Jurusan PTM FT UM menguji signifikasi hubungan antara pengelolaan pembelajaran media pembelajaran dan motivasi belajar Mahasiswa pada matakuliah peralatan otomotif di Jurusan PTM FT UM. Metode penelitian ini menggunakan teknik pengempulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket kepada responden serta dengan observasi partisipasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel kecil maka untuk pengambilan datanya diambil semuanya dari responden yang ada di dalam sampel sedangkan analisis data yang digunakan adalah tabulasi data teknik korelasi product momen dan analisis kendall s. Sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian instrument diuji cobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Validitas dan reliabilitas instrument ini menggunakan program SPSS 12.0 for windows untuk pengelolaan pembelajaran reliabilitasnya sebesar 0 9670 media reabilitasnya sebesar 0.9638 dan untuk motivasinya reliabilitasnya sebesar 0.9636. Hasil penelitian menunjukkan kondisi motivasi belajar pada kualifikasi tinggi 65.17% media pembelajaran pada kualifikasi tinggi 72.41% dan pengelolaan pembelajaran pada kualifikasi tinggi 89.65%. Berdasarkan hasil hipotesis penelitian didapat nilai probilitas di bawah 0.05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara pengelolaan pembelajaran media pembelajaran dan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43682 |
Actions (login required)
View Item |