Rancang bangun mesin pemeras santan dengan tipe sentrifugal / oleh Nener Agus Kuswaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun mesin pemeras santan dengan tipe sentrifugal / oleh Nener Agus Kuswaya

Nener Agus Kuswaya (2007) Rancang bangun mesin pemeras santan dengan tipe sentrifugal / oleh Nener Agus Kuswaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Santan Mesin Pemeras Screw Di lingkungan Industri khususnya industri makanan yang menggunakan santan sebagai bahan dasar ketika industri tersebut membutuhkan bahan dasar yang lebih banyak dalam waktu yang singkat tidak dapat terpenuhi maka akan terjadi penurunan hasil produksi. Tujuan membuat mesin pemeras santan dengan menggunakan sistem screw yaitu untuk membantu para industri kecil agar dapat mempermudah mendapatkan santan dengan kapasitas yang cukup besar dan dalam waktu yang singkat. Mesin pemeras santan dengan menggunakan sistem screw ini tidak hanya dapat digunakan pada santan saja tetapi juga pada buah lainnya. Pada mesin pemeras santan dengan menggunakan sistem screw ini pemeras berupa screw yang terbuat dari stainless steel 304 diameter 150 mm dengan panjang 270 mm dengan jumlah 6 screw. Cara kerja dari mesin pemeras ini yaitu kelapa parut dimasukkan ke dalam hoper kemudian screw akan mendorong kelapa parut tersebut dengan berputar yang menyebabkan kelapa parut tersebut bergesekkan dengan selubung luar dan juga tutup pegas yang juga ikut membantu proses pemerasan sehingga akan didapatkan santan dan juga ampas kelapa parut kering. Kapasitas tampung dari mesin ini adalah 30 kg/jam. Pembuatan mesin pemeras santan dengan sistem screw ini dimulai dari proses desain gambar. Dilanjutkan dengan perhitungan dan perencanaan mesin. Ini dimaksudkan agar diketahui bahan dan ukuran komponen mesin. Daya motor yang digunakan 0 5 dalam satuan kuda (HP). Setelah diketahui komponen maka dilanjutkan dengan memasang komponen-komponen yaitu screw pegas hoper poros rantai sproket. Perawatan dan pemeliharan mesin pemeras santan dengan sistem screw Perawatan setiap komponen berbeda-beda waktunya hal ini dikarenakan jenis pekerjaannya di mesin yang berbeda pula. Screw dapat dirawat dengan melakukan pembersihan dari kelapa parut yang masih tertinggal pada waktu selesai digunakan dan juga pembersihan sebelum mesin digunakkan agar mendapatkan santan yang steril. Perawatan untuk bantalan dengan pemberian pelumas pada bantalan hal ini untuk menjaga agar bantalan menjadi lebih tahan lama serta tidak mudah aus. Perawatan sproket dan rantai yaitu dengan memberi pelumas di sekitar sproket dan pengecekan kesejajaran antar sproket. Hal ini dilakukan karena perawatan merupakan hal utama untuk mengoptimalkan kerja dari mesin pemeras ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43681

Actions (login required)

View Item View Item