Ahmad Ady (2010) Persepsi guru otomotif tentang tingkat motivasi belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Pungging, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dan upaya pengelolaannya / Ahmad Ady Dharmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata-kata kunci persepsi motivasi belajar upaya pengelolaan. Motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam suatu pembelajaran. Masalah mengenai motivasi belajar ini sering sekali muncul dalam proses pembelajaran disekolah-sekolah tidak terkecuali di SMK yang sudah berstandart RSBI (Rintisan Sekolah Berstandart Internasional). Guru sebagai seorang pendidik harus mampu mengetahui bagaimana motivasi yang dimiliki oleh siswanya serta faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi motivasi tersebut. Sehingga dengan begitu guru dapat menentukan upaya-upaya yang tepat dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi siswanya. Oleh karena itu persepsi guru mengenai motivasi siswa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dan upaya pengelolaannya ini sangat penting untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan persepsi guru tentang motivasi belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Pungging (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X menurut guru di SMKN 1 Pungging dan (3) mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengelola (meningkatkan dan mempertahankan) tingkat motivasi yang dimiliki siswa kelas X dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di SMKN 1 Pungging. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru SMKN 1 Pungging yang mengajar Teknik Kendaraan Ringan dan guru BK yang nantinya akan dijaring sebanyak-banyaknya menggunakan teknik sampling bola salju (snowball sampling) dimana peneliti mengambil 15 orang guru TKR dan 3 orang guru BK. Instrumen penelitian yang digunakan berupa teknik wawancara dan beberapa dokumentasi berupa kuisioner dan rekaman suara pada saat melakukan wawancara serta catatan dari hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa wawancara kuisioner dan observasi. Hasil penelitian ini (1) sebagian besar (12 orang) guru dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Pungging mempersepsikan bahwa siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan mempunyai tingkat motivasi belajar yang tergolong tinggi (2) menurut guru SMKN 1 Pungging ada dua faktor utama yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu yang berasal dari siswa itu sendiri (faktor internal) meliputi minat bakat tingkat intelegensi dan kesiapan belajar juga faktor yang berasal dari luar individu (faktor eksternal) yang meliputi faktor ekonomi keluarga lingkungan sekolah metode pembelajaran yang digunakan serta kelengkapan sarana dan prasarana (3) menurut guru SMKN 1 Pungging khususnya guru Teknik Kendaraan Ringan dan guru BK untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang sudah bagus atau tinggi dapat dilakukan dengan upaya-upaya seperti berusaha memfasilitasi apa yang dibutuhkan oleh para siswa untuk belajar lebih giat lagi perlu diterapkannya sistem pembelajaran akselerasi perlu diberikan reward atau penghargaan bagi siswa yang berprestasi dan lain sebagainya sedangkan untuk siswa yang bermotivasi rendah dapat dilakukan dengan upaya-upaya seperti guru selalu keliling melihat apa yang dilakukan oleh siswanya dan menanyakan pemahaman mereka tentang materi yang disampaikan memberikan peraturan yang tegas ketika pelaksanaan KBM diselingi dengan hal-hal jenaka sehingga KBM tidak tegang terus menerus (refresh ditengah-tengah pembelajaran) memberikan pengarahan kepada orang tua/wali murid agar memberikan bimbingan dan dorongan kepada anaknya ketika berada di rumah tidak hanya di sekolah dan lain sebagainya. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) sebagian besar atau kebanyakan guru pengajar SMKN 1 Pungging khususnya Jurusan Teknik Kendaraan Ringan mempersepsikan bahwa motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan tergolong tinggi meskipun masih ada sebagian kecil atau beberapa guru yang beranggapan bahwa motivasi belajar siswa kelas X masih rendah (2) guru-guru Jurusan Teknik Kendaraan Ringan berpandangan bahwa motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa kelas X dapat dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar (faktor eksternal) (3) cukup banyak cara atau upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengelola motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa kelas X menurut guru Jurusan Kendaraan Ringan SMKN 1 Pungging untuk meningkatkan motivasi siswa yang sudah bagus dapat dilakukan antara lain dengan memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan siswa untuk lebih giat belajar perlu diterapkannya sistem pembelajaran akselerasi memberikan reward atau penghargaan bagi siswa yang berprestasi menerapkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan komunikatif lagi dan lain sebagainya. Sedangkan bagi yang bermotivasi rendah dapat dilakukan dengan jalan seperti memberikan pengarahan tentang pentingnya belajar dan pengorbanan orang tua dalam biaya sekolah guru selalu menayakan tentang pemahaman siswa melatih siswa berpendapat di dalam kelas memberikan peraturan yang tegas mengubah sistem atau metode pembelajaran yang lebih menarik dan komunikatif dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Dec 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |