Studi tentang pengembangan soft skill siswa mekanik otomotif di SMK Negeri 12 Malang tahun pelajaran 2010/1011 / Totok Hariono - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pengembangan soft skill siswa mekanik otomotif di SMK Negeri 12 Malang tahun pelajaran 2010/1011 / Totok Hariono

Totok (2010) Studi tentang pengembangan soft skill siswa mekanik otomotif di SMK Negeri 12 Malang tahun pelajaran 2010/1011 / Totok Hariono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan soft skill siswa. Dampak yang dapat dilihat adalah ketika lulusan sudah memasuki dunia kerja. Secara keilmuan dan keterampilan (Hard Skill) mereka adalah pekerja yang siap tetapi secara mental mereka belum siap. Jarang lembaga pendidikan yang menyiapkan lulusanya untuk cepat beradaptasi dengan lingkungannya memiliki kemampuan bekerja dalam tekanan memiliki kreativitas dan inovatif kemampuan komunikasi interpersonal dan komunikasi massa kesiapan menghadapi pimpinan kesiapan menghadapi ritme dan volume kerja kemampuan membaca prosedur kerja kemampuan menganalisis situasi kerja dan berbagai sikap lain (Soft Skill). Karena lembaga perusahaan sekarang ini dalam merekrut karyawan atau tenaga kerja lebih mementingkan soft skill dari pada hard skill. Research dan fakta aktual di lapangan menunjukkan bahwa soft skill memiliki peran penting dalam menentukan kesuksesan seseorang dalam bekerja. Hard skill merupakan persyaratan minimal bagi seseorang untuk memasuki bidang pekerjaan tertentu sedangkan soft skill akan menentukan pengembangan diri dalam pekerjaan. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan tentang pengembangan soft skill siswa Mekanik Otomotif di SMK Negeri 12 Malang 2) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi sekolah dalam pengembangan soft skill siswa Mekanik Otomotif di SMK Negeri 12 Malang 3) Mendeskripsikan kebijakan yang diambil sekolah terhadap pengembangan soft skill siswa Mekanik Otomotif di SMK Negeri 12 Malang 4) Mendeskripsikan implementasi kebijakan sekolah dalam pengembangan soft skill siswa Mekanik Otomotif di SMK Negeri 12 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau jenis penelitian kualitatif. Pendekatan ini diambil berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain 1) Penelitian ini tidak mengukur variabel-variabel dan 2) penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Penelitian ini menggunakan salah satu jenis pendekatan penelitian kualitatif yaitu jenis pendekatan fenomologis adalah suatu kebenaran yamg di dapatkan dengan cara menangkap fenomena yang memancar dari apa yang diteliti. Menurut Iskandar (2009 204) penelitian fenomologis berorientasi untuk memahami menggali dan menafsirkan arti dari peristiwa-peristiwa fenomena-fenomena dan hubungan dengan orang-orang yang biasa dalam situasi tertentu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagian besar para pengajar jurusan Mekanik Otomotif beranggapan bahwa soft skill mutlak dibutuhkan oleh siswa dan harus lebih dikembangkan lagi. Menurut para pengajar bahwa soft skill siswa Jurusan Mekanik Otomotif pada umumnya sudah baik sedangkan di Jurusan Mekanik Otomotif sendiri belum ada kebijakan yang baku untuk meningkatkan i ii soft skill bagi siswanya. Sebagian besar pengajar sendiri telah mempunyai cara-cara khusus untuk mengembangkan soft skill siswa dalam melaksanakan cara-cara tersebut para pengajar mempunyai kendala tersendiri dan berbeda-beda tiap pengajar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Keseluruhan para pengajar beranggapan bahwa soft skill siswa Jurusan Mekanik Otomotif sudah baik 2) Kebijakan sekolah dalam mengembangkan soft skill bagi siswa mengambil kebijakan dengan cara sepenuhnya menyerahkan ke pengajar mata pelajaran agar dikembangkan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan 3) Sebagian besar para pengajar beranggapan pengimplementasian kebijakan untuk mengembangkan soft skill di Jurusan Mekanik Otomotif bisa dikatakan kurang diimplementasikan dengan baik oleh sebagian besar para pengajar atau guru 4) Kendala yang dihadapi menurut para pengajar dalam mengembangkan soft skill beragam mulai dari faktor siswa sampai dengan dukungan fasilitas yang kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43643

Actions (login required)

View Item View Item