Yudi (2010) Studi tentang motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan microsoft di kelas X mekanik otomotif di SMK Negeri 6 Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Yudi Andrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata-kata kunci microsoft powerpoint motivasi prestasi belajar Media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Media pembelajaran menentukan keberhasilan pencapaian prestasi yang baik dengan media pembelajaran yang baik materi akan dapat disampaikan dengan baik juga. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan pemahaman pembelajaran siswa kelas X Mekanik Otomotif terhadap penggunaan media microsoft powerpoint di SMK Negeri 6 Malang tahun pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran motor bakar (2) untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan media microsoft powerpoint di SMK Negeri 6 Malang pada kelas X Mekanik Otomotif tahun pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran motor bakar (3) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa terhadap penggunaan media microsoft powerpoint pada proses pembelajaran di SMK Negeri 6 Malang pada kelas X Mekanik Otomotif tahun pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran motor bakar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Teknik Mekanik Otomotif di SMK Negeri 6 Malang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang hasilnya dianalisa dengan perhitungan prosentase metode observasi dengan instrumen penelitian sistem tanda (sign system) dalam proses observasi (pengamat) tinggal memberikan tanda atau tally pada kolom tempat peristiwa yang muncul metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah siswa memahami proses pembelajaran dengan media microsoft powerpoint dengan jumlah prosentase 84.210% dan sebanyak 15.789% siswa tidak memahami proses pembelajaran dikarenakan guru terlalu cepat menanyangkan materi pembelajaran dan dikarenakan huruf yang digunakan dalam materi yang disampaikan dengan media microsoft powerpoint terlalu kecil. Media pembelajaran microsoft powerpoint yang disajikan guru dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti proses belajar didapat 92.105 % siswa berpendapat lebih aktif dalam mengikuti proses belajar jika guru menggunakan media microsoft powerpoint dan 7.89 % siswa berpendapat tidak aktif dalam belajar karena dirasa membosankan. Prestasi belajar siswa dengan menggunakan media microsoft i ii powerpoint didapatkan hasil yang memuaskan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa diatas nilai 7 dan ketuntasan belajar diatas 75% yaitu 84% dan 92%.. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) siswa kelas X Mekanik Otomotif SMK Negeri 6 Malang dapat memahami pembelajaran dengan menggunakan media microsoft powerpoint (2) penggunaan media microsoft powerpoint dapat membangkitkan semangat siswa kelas X Mekanik Otomotif SMK Negeri 6 Malang dalam mengikuti proses pembelajaran (3) prestasi yang dihasilkan dari proses pembelajaran dengan menggunakan media microsoft powerpoint diperoleh nilai rata-rata yang memuaskan dengan nilai rata-rata diatas 7 dan ketuntasan belajar 84% dan 92%. Ini menunjukkan proses pembelajaran dengan menggunakan media microsoft powerpoint cukup efektif dan mampu memberikan motivasi belajar yang baik terhadap siswa kelas X Mekanik Otomotif SMK Negeri 6 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |