Pengembangan Modul Digital Biologi (Modibi) Berbasis Model Pembelajaran Ricosre untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X di SMA N 1 Kramatwatu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Modul Digital Biologi (Modibi) Berbasis Model Pembelajaran Ricosre untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X di SMA N 1 Kramatwatu

Rosadi, Sapto (2023) Pengembangan Modul Digital Biologi (Modibi) Berbasis Model Pembelajaran Ricosre untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X di SMA N 1 Kramatwatu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus dimanfaatkan untuk proses pembelajaran yang lebih baik. Perkembangan teknologi harus berdampak kepada proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menuntut siswa untuk dapat meningkatkan keterampilan abad 21. Siswa perlu mengembangkan keterampilan abad 21 terutama keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah supaya siswa mampu beradaptasi dengan dinamika perubahan dunia yang sangat cepat. Penelitian tentang keterampilan abad 21 siswa yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan pemecahan masalah siswa masih cenderung rendah dan perlu untuk ditingkatkan. Media dan bahan ajar yang terbatas serta penerapan model pembelajaran yang kurang tepat menjadi beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Riset pengembangan ini bertujuan (1) untuk mengetahui validitas dan kepraktisan dari modul digital biologi (modibi) berbasis model pembelajaran Ricosre berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media serta siswa untuk menguji kepraktisan Modibi. (2) Tujuan berikutnya adalah untuk mengetahui efektifitas Modibi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE. Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar berupa modul digital biologi yang diberi nama modibi berbasis model pembelajaran Ricosre. Desain implementasi yang digunakan Pratest-Pascatest Control Group Design. Hasil pratest dan posttest yang diperoleh, dianalisis menggunakan uji Anakova dengan syarat data berdistribusi normal dan homogen. Uji n-gain juga dilakukan terhadap prates dan pascates untuk mengetahui efektifitas Modibi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan Modibi yang dikembangkan valid, praktis dan terbaca sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Modibi berdampak baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keteranpilan pemecahan masalah siswa dengan nilai signifikansi yang didapat dari uji Anakova lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000. Nilai n-gain yang didapatkan untuk keterampilan berpikir kreatif 0,5 dan keterampilan pemecahan masalah 0,4 yang keduanya masuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:52
Last Modified: 25 Sep 2023 02:52
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item