Pengaruh penggunaan serat dan fly ash ampas tebu dengan magnesium oksida dan aluminium dengan pengikat epoksi sebagai pembuat kampas rem terhadap sifat kekerasan dan keausan / Yohanes Andre Prasetyo

Prasetyo, Yohanes Andre (2019) Pengaruh penggunaan serat dan fly ash ampas tebu dengan magnesium oksida dan aluminium dengan pengikat epoksi sebagai pembuat kampas rem terhadap sifat kekerasan dan keausan / Yohanes Andre Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v Abstrak Prasetyo, Yohanes Andre. 2019. Pengaruh Penggunaan Serat dan Fly Ash Ampas Tebu dengan Magnesium Oksida dan Aluminium dengan Pengikat Epoksi sebagai Pembuat Kampas Rem terhadap Sifat Kekerasan dan Keausan. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Widiyanti, M.Pd., (II) Drs. H. Sumarli, M.Pd., M.T, Kata Kunci: Serat, Fly Ash, Ampas Tebu, Kampas Rem, Kekerasan, Keausan Kampas rem banyak yang menggunakan asbestos sebagai bahan penguat. Asbestos membahayakan bagi kesehatan manusia jika debunya dihirup serta kurang pakem dalam keadaan panas sehingga industri otomotif mulai mencari penggantinya dengan bahan sintetis. Harga kampas rem yang terbuat dari bahan ini cukup mahal sehingga perlu adanya penggantian dengan bahan yang lebih ekonomis yaitu komposit yang terbuat dari limbah. Limbah yang berpotensi untuk digunakan adalah limbah serat dan fly ash ampas tebu karena berpotensi menjadi bahan penguat, jumlah limbahnya cukup banyak dan sumber daya yang dapat diperbarui. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi serat dan fly ash ampas tebu dengan serbuk MgO terhadap kekerasan dan keausannya serta membandingkannya dengan kampas rem pabrikan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Variasi komposisinya yaitu 20 - 40% serat dan fly ash ampas tebu dengan 40% - 20% serbuk MgO. Pengujian dilakukan dengan menggunakan mesin uji keausan metode pin on disc dan uji kekerasan metode Vickers. Teknik untuk analisis data menggunakan One Way ANOVA menggunakan software SPSS 22 Windows. Hasil dari penelitian menunjukan nilai kekerasan dan keausan pada variasi serat ampas tebu dan serbuk MgO pada komposisi pertama yaitu 50.28 HV dan 1.42931x10-3 mm2/kg, lalu komposisi kedua 47.58 HV dan 1.80361x10-3 mm2/kg, serta pada komposisi ketiga 40.98 HV dan 1.882262x10-3 mm2/kg. Nilai kekerasan dan keausan untuk variasi fly ash ampas tebu dan serbuk MgO pada komposisi pertama 37.3 HV dan 1.370923 x10-3 mm2/kg, lalu komposisi kedua 48.1 HV dan 9.83127 x10-4 mm2/kg, serta pada komposisi ketiga sebesar 51.93 HV dan 6.66436x10-4 mm2/kg. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh variasi campuran serat ampas tebu dengan MgO terhadap kekerasannya dimana yang terbesar pada komposisi 1 yaitu 50.28 HV. 2) Terdapat pengaruh variasi campuran serat ampas tebu dengan MgO terhadap keausannya dimana yang terbaik pada komposisi 1 yaitu 1.42931x10-3 mm2/kg. 3) Terdapat pengaruh variasi campuran fly ash ampas tebu dengan MgO terhadap kekerasannya dimana yang terbesar pada komposisi 3 yaitu 51.93 HV. 4) Terdapat pengaruh variasi campuran fly ash ampas tebu dengan MgO terhadap keausannya dimana yang terbaik pada komposisi 3 yaitu 6.66436x10-4 mm2/kg. Berdasarkan penelitian diharapkan untuk diteliti lebih lanjut dari segi pengaruh proses pembuatannya yang diubah dengan sifat mekanik lainnya agar ditemukan cara pembuatan yang ideal pada komposit ini untuk kampas rem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43618

Actions (login required)

View Item View Item