Pengaruh model pembelajaran group investigation metode mind mapping dan metode diskusi terhadap hasil belajar mata pelajaran perawatan sistem Air Conditioner (AC) bagi siswa SMK kelas XII TKR SMKN 2 Bojonegoro / Wahyu Lantip Anggraito

Anggraito, Wahyu Lantip (2019) Pengaruh model pembelajaran group investigation metode mind mapping dan metode diskusi terhadap hasil belajar mata pelajaran perawatan sistem Air Conditioner (AC) bagi siswa SMK kelas XII TKR SMKN 2 Bojonegoro / Wahyu Lantip Anggraito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Anggraito, Wahyu Lantip. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Metode Mind Mapping dan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Perawatan Sistem Air conditioner (AC) Bagi Siswa SMK Kelas XII TKR SMK Negeri 2 Bojonegoro. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Partono, M.Pd., (II) Dr. Drs. Syarif Suhartadi, M.Pd. Kata Kunci: model investigasi kelompok, metode peta pikiran, hasil belajar Pelaksanaan pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan hendaknya menggunakan pendekatan saintifik, namun pada kenyataaannya metode ceramah masih banyak digunakan. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi pasif dan sulit memahami materi yang diajarkan oleh guru sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya penyesuaian model pembelajaran yang dapat meningkatkan pastisipasi siswa sehingga pembelajaran dikelas menjadi menyenangkan serta berdampak positif terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran group investigation metode mind mapping dan model pembelajaran group investigation metode diskusi menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitiannya adalah eksperimen semu dan desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa SMK negeri 2 Bojonegoro kelas XII TKR 1 sebagai kelas eksperimen satu dan kelas XII TKR 2 sebagai kelas eksperimen dua dengan total 60 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan adalah uji tes soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji komparatif dan uji t independen. Berdasarakan data hasil penelitian, diketahui bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok (Group investigation) metode peta pikiran (Mind Mapping) mendapat rata-rata hasil belajar sebesar 83,2 dengan nilai terendah 76 dan nilai tertinggi 92 sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok metode diskusi mendapat rata-rata hasil 74,3 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 84. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok metode peta pikiran dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok metode diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43617

Actions (login required)

View Item View Item