Pengaruh umur dan pengalaman mengajar guru mata pelajaran produktif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 01 Singosari - Malang / Dina Alfian Amalia

Amalia, Dina Alfian (2019) Pengaruh umur dan pengalaman mengajar guru mata pelajaran produktif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 01 Singosari - Malang / Dina Alfian Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia, Dina Alfian. 2015. Pengaruh Umur dan Pengalaman Mengajar Guru Mata Pelajaran Produktif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK Negeri 01 Singosari-Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Mardji, M.Kes (II) Drs. Ir. Mustaman, M.Pd. Kata Kunci: umur guru , pengalaman mengajar guru, prestasi belajar siswa. Guru merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan. Melalui guru lah, ilmu pengetahuan dan keterampilan disalurkan pada peserta didik. Guru juga yang mengajarkan nilai-nilai penting dalam kehidupan selain mata pelajaran, sehingga peserta didik siap menghadapi dunia kerja dan tantangan globalisasi. Seorang guru harus memiliki umur dan pengalaman yang memadai. Selain itu, guru tersebut harus berpengalaman karena guru merupakan profesi yang memerlukan keahlian khusus dimana seorang guru professional harus menguasai betul masalah pendidikan dan pengajaran yang didapatkan setelah menempuh pendidikan tertentu. Tujan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara umur dan pengalaman mengajar guru mata pelajaran produktif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 01 Singosari-Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variable bebas, yaitu umur guru (X1) dan pengalaman mengajar guru (X2) terhadap variabel terikat, yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif (Y) dan pengumpulan datanya menggunakan angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian inferensial, yaitu penelitian yang bertujuan untuk membahas dan menganalisis data serta mengambil kesimpulan, berkaitan dengan estimasi parameter dan pengujian hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, umur dan pengalaman mengajar guru berpengaruh secara positif terhadap prestasi belajar siswa dengan prosentase 72.6%. Sedangkan sisanya 27.4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan yang dapat diambil, bahwa umur dan pengalaman mengajar guru mata pelajaran produktif berpengaruh secara positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif siswa kelas XI di SMK Negeri 01 Singosari-Malang. Saran yang dapat diajukan: (1) bagi kepala sekolah dapat digunakan sebagai masukan dalam pengambilan kebijakan untuk kepentingan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan, (2) bagi guru bidang mata pelajaran produktif diharapkan untuk lebih meningkatkan kinerja, pengalaman mengajar dan profesionalitasnya sebagai guru sesuai dengan bidangnya, (3) meningkatkan kemampuan dalam mencerna informasi dari luar dirinya, (4) sebagai tambahan pengetahuan tentang pendidikan dan pengalaman mengajar, (5) bagi peneliti selanjutnya hendaknya lebih mengembangkan penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43615

Actions (login required)

View Item View Item