Perbandingan prestasi PKL antara siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan yang menggunakan buku saku dan tidak menggunakan buku saku di SMK Negeri 1 Kepanjen / Bambang Adi Subroto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan prestasi PKL antara siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan yang menggunakan buku saku dan tidak menggunakan buku saku di SMK Negeri 1 Kepanjen / Bambang Adi Subroto

Subroto, Bambang Adi (2019) Perbandingan prestasi PKL antara siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan yang menggunakan buku saku dan tidak menggunakan buku saku di SMK Negeri 1 Kepanjen / Bambang Adi Subroto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Subroto Bambang Adi. 2018. Perbandingan Prestasi PKL antara Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan yang menggunakan Buku Saku dan Tidak Menggunakan Buku Saku di SMK Negeri 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Paryono S.T. M.T. (II) Dr. H Agus Sholah M.Pd. Kata Kunci Prestasi PKL Buku Saku Sekolah menengah Kejuruhan (SMK) merupakan pendidikan kejuruhan tingkat menengah yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan sebagai tenaga kerja siap pakai. Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah sebuah proses pengajaran dengan cara memberi kesempatan kepada siswa untuk praktek di tempat kerja secara nyata baik di instansi swasta BUMN ataupun instansi pemerintah setempat. Oleh karena itu penerapan buku saku untuk pegangan pada saat PKL supaya siswa yang belum paham bisa memahami apa yang akan di kerjakan pada saat kerja di lapangan karena buku saku tersebut berukuran kecil jadi buku tersebut bisa di bawa kemana-mana. PKL sebenarnya sangat penting karena siswa diharapkan agar menjadi lebih terampil lewat PKL ini lagi pula siswa diharapkan bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai pandangan dalam dunia kerja termasuk juga menemukan sifat yang lebih prefesional. Sifat-sifat tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kerja dan menjadi wadah bagi siswa agar tidak gugup atau kaget nantinya ketika akan memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah prestasi PKL siswa kelas XI Teknik kendaraan Ringan yang tidak menggunakan buku saku di SMK Negeri 1 kepanjen (2) Bagaimanakah prestasi PKL siswa kelas XI Teknik kendaraan Ringan yang menggunakan buku saku di SMK Negeri 1 kepanjen (3) Adakah perbedaan prestasi PKL antara siswa XI teknik kendaraan ringan yang menggunakan buku saku dan tidak meggunakan buku saku di SMK Negeri 1 Kepanjen . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif teknik yang sesuai dengan istilah penelitian kuantitatif adalah menggunakan teknik kolerasi banyak yan menggunakan angka mulai dari pengumpulan data serta hasilnya. Sampel penelitian berjumlah 81 yaitu siswa XI TKR 1 (kelompok kontrol) 26 siswa XI TKR 2 (kelompok eksperimen) 28 siswa dan XI TKR 3 (validasi soal penelitian) 27 siswa. Dalam penelitian ini desain eksperimen semu yang digunakan adalah mengguakan tipe pre tes post tes kelompok control. Data dikumpulkan menggunakan tes dan nilai PKL. Uji hipotesis menggunakan uji t (Independent Sample Test) dengan bantuan SPSS versi 16.0 For Windows untuk mengetahui signifikansi perbedaan prestasi PKL. Taraf signifikansi hasil uji homogenitas lebih besar dari 0 05 maka asumsi homogenitas terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil Pre Test siswa yang tidak menggunakan buku saku bahwa kemampuan awal yang dimiliki siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal yang baik akan lebih mudah menyelesaikan tugasnya secara konsisten. (2) Berdasarkan hasil post test siswa yang menggunakan buku saku bahwa sesuai hasil iii pengolahan data dengan statistik sehingga diketahui bahwa data akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah berdistribusi normal dan variasinya homogen. (3) Berdasarkan penelitian prestasi PKL antara siswa kelas XI teknik kendaraan ringan yang menggunakan buku saku dan tidak menggunakan buku saku membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang tidak menggunakan buku saku dan siswa yang menggunakan buku saku. (4) Maka berdasarkan hasil nilai PKL siswa dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai PKL siswa kelas XI TKR membuktikan hipotesis Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Bahwa siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi maupun rendah memiliki peluang yang sama dalam membentuk sikap selama proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa sikap siswa lebih dipengaruhi model pembelajaran daripada kemampuan awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43614

Actions (login required)

View Item View Item