Implementasi kurikulum 2013 edisi revisi pada Program Studi Teknik Kendaraan Ringan berdasarkan persepsi guru dan siswa di SMK / Heri Nasrul Mustajib

Mustajib, Heri Nasrul (2018) Implementasi kurikulum 2013 edisi revisi pada Program Studi Teknik Kendaraan Ringan berdasarkan persepsi guru dan siswa di SMK / Heri Nasrul Mustajib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Mustajib, Heri Nasrul. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi pada Program Studi Teknik Kendaraan Ringan Berdasarkan Persepsi Guru dan Siswa di SMK. Skripsi, Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Amat Mukhadis, M.Pd, (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E, M.Pd, M.M Kata kunci: kurikulum 2013, persepsi guru, persepsi siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi merupakan perbaikan dari Kurikulum 2013. Perbaikan tersebut dilatarbelakangi permasalahan ketika Kurikulum 2013 pertama kali dilaksanakan secara nasional pada tahun 2014. Permasalahan Kurikulum 2013 sebelum revisi antara lain: kompleksitas pembelajaran dan penilaian pada Sikap Spiritual dan Sikap Sosial; ketidakselarasan antara KI-KD dengan silabus dan buku; penerapan proses berpikir 5M sebagai metode pembelajaran yang bersifat prosedural dan mekanistik; pembatasan kemampuan siswa melalui pemenggalan taksonomi proses berpikir antar jenjang. Selanjutnya untuk mengetahui bagaimana implementasinya maka penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi untuk SMK di Blitar. Rancangan penelitian mengunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian difokuskan pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO). Sampel dalah guru pengajar mata pelajaran TDO dan siswa kelas X TKR dengan 10 SMK sasaran penelitian. Variabel penelitian ini adalah implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Instrumennya menggunakan non-tes dalam bentuk kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi termasuk kategori terlaksana 76%. Persepsi siswa pada Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi adalah 48% pada kegiatan pendahuluan, 90.98% pada kegiatan inti, dan 86% pada kegiatan penutup. Secara keseluruhan pada persepsi siswa dalam kategori terlaksana. Berdasarkan tingkat keterlaksanaan dari sub-variabel implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi adalah 54% pada perencanan pembelajaran, 65% pada pelaksanaan pembelajaran, dan 71% pada evaluasi pembelajaran. Jadi proses pembelajaran dalam kategori terlaksana bedasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Guru memiliki persepsi yang baik terhadap Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Guru diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas dan bijak dalam menanggapi perubahan sehingga segala sesuatu dapat dipersiapkan dengan baik serta memiliki dukungan sumber belajar yang memadai. Respon dari peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi sudah baik. Peserta didik diharapkan agar belajar secara mandiri serta aktif dan kreatif agar proses belajar mengajar berjalan dengan lancar. Secara praktis hasil penelitian ini diharapkan mampu memaparkan kondisi Kurikulum 2013 dalam bentuk persepsi guru dan siswa serta dapat menjadi acuan untuk dilakukannya penelitian lanjutan terhadap implementasi Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43612

Actions (login required)

View Item View Item