Analisis penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) berdasarkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) di bengkel Gut Motorsport Surabaya / Dudung Firdiyaman Fauzi

Fauzi, Dudung Firdiyaman (2018) Analisis penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) berdasarkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) di bengkel Gut Motorsport Surabaya / Dudung Firdiyaman Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Fauzi. Dudung Firdiyaman. 2018. Analisis Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Berdasarkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Bengkel GUT Motorsport Surabaya. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Solichin, S.T, M.Kes (2) Drs. H. Agus Sholah, M.Pd Kata Kunci: Keselamatan dan kesehatan kerja, Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, Bengkel Setiap pekerjaan memiliki resiko kecelakaan yang berbeda-beda. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dapat diartikan sebagai suatu sistem atau program yang dibuat bagi pekerja sebagai upaya pencegahan timbulnya kecelakaan kerja dan penyakit kerja akibat hubungan kerja dalam lingkungan kerja. Sehubungan dengan itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) di bengkel GUT Motorsport Surabaya. Sebagai metode, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif yang melibatkan 12 responden yaitu 1 pemilik bengkel, 1 kepala bengkel, dan 10 mekanik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang kemudian di cross-check dengan dokumentasi dan wawancara. Uji validitas instrumen dilakukan melalui validitas konstruk. Analisis data disajikan dalam bentuk grafik balok secara ringkas pada tabel yang berupa presentase skor ketercapaian, hingga kemudian dikategorikan dan dideskripsikan berdasarkan sub-indikatornya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: ketercapaian sub indikator dalam penerapan SMK3 di Bengkel GUT Motorsport Surabaya yaitu 78.1% masuk kategori baik. Hambatan penerapan SMK3 yaitu kurangnya kesadaran dari pekerja akan pentingnya K3, tidak adanya tim khusus K3 yang menangani K3 di bengkel, serta minimnya dokumentasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang ada di bengkel GUT Motorsport Surabaya. Upaya yang sudah dilakukan yaitu sosialisasi mengenai pentingnya K3 kepada para pekerja serta peningkatan dokumentasi yang berhubungan dengan K3 agar pelaksanaan K3 di bengkel GUT Motorsport Surabaya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dengan demikian, saran berkaitan tentang penelitian ini bagi pekerja bengkel yaitu untuk lebih mengutamakan K3 saat bekerja dan bagi pihak bengkel GUT Motorsport Surabaya agar meningkatkan penerapan K3 dalam lingkungan kerja. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya dengan isu serupa diharapkan dapat lebih berfokus pada K3 apapun objeknya nanti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43611

Actions (login required)

View Item View Item