Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan gallery project dan lokus kendali terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK / Vicky Pratica Evita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan gallery project dan lokus kendali terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK / Vicky Pratica Evita Sari

Sari, Vicky Pratica Evita (2018) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan gallery project dan lokus kendali terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK / Vicky Pratica Evita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Sari Vicky Pratica Evita. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Gallery Project dan Lokus Kendali terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Amat Mukhadis M.Pd (II) Drs. Partono M.Pd Kata Kunci pembelajaran berbasis masalah gallery project lokus kendali hasil belajar. Pembelajaran di SMK bertujuan untuk mempersiapkan siswa memasuki dunia industri sehingga model pembelajaran yang digunakan harus berorientasi dunia kerja. Namun realitas di lapangan masih belum optimal dalam membentuk pemahaman dan keterampilan siswa sesuai dunia kerja. Berdasarkan hal tersebut perlu digunakan model pembelajaran yang mampu membentuk kondisi belajar sesuai dengan kondisi dunia kerja. Penelitian ini menerapkan model PBM Gallery Project dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa SMK. Penelitian ini bertujuan menguji signifikansi perbedaan hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif antara kelompok siswa yang dikenakan model PBM Gallery Project dan kelompok siswa yang dikenakan model Pembelajaran Ekspositori dengan mempertimbangkan kelompok lokus kendali siswa sebagai karakteristik siswa serta interaksinya. Penelitian ini berjenis quasi eksperimental dengan metode Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling yaitu memilih sampel secara acak. Siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang dikenakan model PBM Gallery Project dan kelompok kontrol yang dikenakan model Pembelajaran Ekspositori. Setiap kelompok dibagi lagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok dengan lokus kendali internal dan kelompok dengan lokus kendali eksternal. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi non tes dan tes. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji ANOVA dua jalur dengan bantuan SPSS 18.0 untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar berdasarkan model pembelajaran dan kelompok lokus kendali. Taraf signifikansi yang digunakan sebesar 0 05 dan dikatakan terdapat perbedaan hasil belajar jika probabilitas di bawah 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dikenakan model PBM Gallery Project dengan model Pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Jurusan TKR SMK (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang memiliki lokus kendali internal dan siswa yang memiliki lokus kendali eksternal pada mata pelajaran PDTO Jurusan TKR SMK dan (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan model PBM Gallery Project dan lokus kendali terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PDTO Jurusan TKR SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43610

Actions (login required)

View Item View Item