Pengaruh pencampuran bahan bakar bio solar dengan pertamax dengan perbandingan 40:1 terhadap daya dan konsumsi bahan bakar mesin diesel Isuzu Panther / Agustian Yohan Effendi

Effendi, Agustian Yohan (2018) Pengaruh pencampuran bahan bakar bio solar dengan pertamax dengan perbandingan 40:1 terhadap daya dan konsumsi bahan bakar mesin diesel Isuzu Panther / Agustian Yohan Effendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Effendi, Agustian Yohan. 2016. Pengaruh Pencampuran Bahan Bakar Bio Solar Dengan Pertamax Dengan Perbandingan 1:40 Terhardap Daya Dan Konsumsi Bahan Bakar Mesin Diesel Isuzu Panther. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Paryono, S.T, M.T, (II) Rr. Poppy Puspitasari, S.Pd., M.T., Ph.D. Kata Kunci: Daya, Konsumsi Bahan Bakar, Campuran Bahan Bakar Nilai cetane (cetane adalah kemampuan suatu bahan bakar untuk mempersingkat delayignition (penundaan pembakaran)) pada solar biasa adalah sekitar 48. Padahal nilai cetane yang dibutuhkan pada mesin diesel modern harus diatas 50. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan campuran bahan bakar biosolar dengan pertamax dengan permabndingan satu liter pertamax dengan 40 liter biosolar terhadap daya konsumsi bahan bakar pada mesin diesel Isuzu Panther. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan menggunakan mesin diesel in-direct injection tipe c223 2300 cc sebagai objek penelitian yang digunakan. Pengujian tersebut dilakukan pada putaran mesin 1400 rpm hingga 2900 rpm dengan selisih 300 rpm. Penelitian ini menggunakan alat dyno tester sebagai pengukur daya dan tabung ukur sebagai pengukur konsumsi bahan bakar. Teknik yang digunakan untuk melakukan analisis data adalah uji T sampel berpasangan (paired samples T test) dengan taraf signifikan 0,05 dengan menggunakan aplikasi softwere SPSS 22 for Windows Dari hasil penelitian menunjukan nilai daya dan konsumsi bahan bakar pada putaran rendah dengan perlakuan standar menunjukkan angka 22,7 HP daya dan 5 s/25gram konsumsi bahan bakar. Sedangkan dengan perlakuan yang menggunakan campuran bahan bakar biosolar dengan pertamax menunjukkan angka 25,1 HP daya dan 5,3 s/25gram. Pada putaran tertinggi dengan perlakuan standar menunjukkan angka 53,8 HP daya dan 3,5 s/25gram. Sedangkan dengan perlakuan yang menggunakan campuran bahan bakar biosolar dengan pertamax menunjukan angka 55,7 HP daya dan 3,1 s/25gram. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Ada perbedaan penggunaan bahan bakar bio solar murni terhadap daya mesin diesel. 2) Ada perbedaan penggunaan campuran bahan bakar bio solar dan pertamax terhadap daya mesin diesel. 3) Ada perbedaan konsumsi bahan bakar pada penggunaan campuran bahan bakar bio solar dengan pertamax. 4) Ada perbedaan penggunaan bio solar murni dan campuran bio solar dengan pertamax terhadap daya mesin diesel. 5) Ada perbedaan konsumsi bahan bakar pada penggunaan solar murni dan campuran bio solar dengan pertamax. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang pengaruh yang dihasilkan pada daya dan konsumsi bahan bakar, sehingga campuran bahan bakar tersebut bisa diaplikasikan pada mesin yang lebih modern lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43608

Actions (login required)

View Item View Item