Sembodo, Dwi Putro Satriyo (2018) Hubungan kompetensi guru dan motivasi belajar siswa dengan etos kerja siswa dalam praktikum mata pelajaran mesin kendaraan ringan kelas XI TKR di SMKN 2 Pasuruan / Dwi Putro Satriyo Sembodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ii ABSTRAK Sembodo Dwi Putro Satriyo. 2018. Hubungan Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Etos Kerja Siswa Dalam Praktikum Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI SMKN 2 Pasuruan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yoto S.T. M.Pd. M.M. (2) Dr. Widiyanti M.Pd. Kata Kunci Kompetensi guru motivasi belajar siswa etos kerja Keberhasilan seseorang di dunia kerja tidak dapat dilepaskan dari faktor internal dan faktor eksternal yang dimiliki oleh setiap individu. Pendidikan di SMK membekali siswanya dengan pengetahuan sikap dan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja sikap dalam bekerja merupakan faktor yang sangat dibutuhkan di dunia kerja untuk meningkatkan produktifitas dalam bekerja. Motivasi dalam belajar merupakan hal yang penting selain faktor pendidik yang kompeten untuk meningkatkan hasil belajar sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi guru dan motivasi belajar siswa dengan etos kerja siswa dalam praktikum pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan inferensial dengan metode studi hubungan kausal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 83 siswa dari populasi total yaitu 105 siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Pasuruan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode path analysis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi kompetensi pedagogik terhadap motivasi intrinsik sebesar 18 82% kontribusi kompetensi profesional terhadap motivasi intrinsik sebesar 16 11% kontribusi kompetensi sosial terhadap motivasi intrinsik sebesar 14 04% kontribusi kompetensi kepribadian terhadap motivasi intrinsik sebesar 12 94% kontribusi kompetensi pedagogik terhadap motivasi ekstrinsik sebesar 19 74% kontribusi kompetensi profesional terhadap motivasi ekstrinsik sebesar 16 46% kontribusi kompetensi sosial terhadap motivasi ekstrinsik sebesar 14 09% kontribusi kompetensi kepribadian terhadap motivasi ekstrinsik sebesar 13 91% kontribusi kompetensi pedagogik terhadap etos kerja sebesar 6 22% kontribusi kompetensi profesional terhadap etos kerja sebesar 5 56% kontribusi kompetensi sosial terhadap etos kerja sebesar 4 26% kontribusi kompetensi kepribadian terhadap etos kerja sebesar 4 94% kontribusi motivasi intrinsik terhadap etos kerja sebesar 15 12% kontribusi motivasi ekstrinsik terhadap etos kerja sebesar 14% kontribusi kompetensi guru terhadap etos kerja sebesar 20 98% kontribusi motivasi belajar terhadap etos kerja sebesar 29 12%. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat lebih mengembangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi etos kerja diluar faktor yang sudah diteliti contohnya bakat minat dan ketrampilan. Penambahan populasi sangat disarankan agar hasil penelitian bermanfaat untuk kalangan yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |