Blended learing antara Team Games Tournament (TGT) dan modul berbasis web sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Program keahlian Teknik Kendaraan Ringan / Robby Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Blended learing antara Team Games Tournament (TGT) dan modul berbasis web sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Program keahlian Teknik Kendaraan Ringan / Robby Wijaya

Wijaya, Robby (2018) Blended learing antara Team Games Tournament (TGT) dan modul berbasis web sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Program keahlian Teknik Kendaraan Ringan / Robby Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Wijaya Robby. 2018. Blended Learning Antara Team Games Tournament (TGT) dan Modul Berbasis Web Sebagai Upaya Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Widiyanti M.Pd. (2) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata Kunci Blended Learning Modul SMK Team Games Tournament Web. Pendidikan memegang peranan penting dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk SMK. Metode pembelajaran dan ketersediaan sumber belajar menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan. Keberadaan internet perlu dimanfaatkan untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan unutk mengetahui pengaruh penerapan blended learning team games tournament (TGT) dan Modul Berbasis Web Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian dilakukan di kelas X TKR 1 SMKN 1 Singosari tahun ajaran 2017-2018 sebanyak 32 siswa. Perlakuan yang diberikan terdiri dari Tindakan 1 dan Tindkan 2 dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas guru siswa dan nilai post test. Pada pra tindakan didapatkan hasil persentase ketuntasan sebesar 67 74% sedangkan Standar Ketuntasan Minimal adalah 75%. Setelah dilakukan tindakan 1 pencapaian kompetensi siswa mencapai 93 5% dengan nilai rata-rata 86 53. Sedangkan pada Tindakan 2 ketuntasan belajar siswa sebesar 87 09% dengan nilai rata-rata 81 3. Dari dua tindakan yang diterapkan didapatkan hasil rata-rata di atas standar minimal nilai yang telah ditetapkan yaitu 75. Penerapan blended learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena proses pembelajaran yang lebih menarik aktif dan inovatif. siswa lebih antusias dan senang dengan model pembelajaran tersebut. Dengan adanya turnamen siswa terlatih untuk bertanggung jawab peduli dengan teman belajar mandiri dan berkompetisi dengan sehat. Penerapan Blended Learning team games turnament (TGT) dan modul berbasis Web disarankan untuk diterapkan pada mata pelajaran lain karena terbukti dapat meningkatkan pencapaian kompetensi siswa dan menjadi metode yang kreatif inovatif dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43604

Actions (login required)

View Item View Item