Pengaruh penggunaan hydrogen fuel cell terhadap emisi gas buang HC dan CO serta daya pada mesin Avanza Otomatis 2013 / Danial Fakhrudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan hydrogen fuel cell terhadap emisi gas buang HC dan CO serta daya pada mesin Avanza Otomatis 2013 / Danial Fakhrudin

Fakhrudin, Danial (2018) Pengaruh penggunaan hydrogen fuel cell terhadap emisi gas buang HC dan CO serta daya pada mesin Avanza Otomatis 2013 / Danial Fakhrudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Fakhrudin Danial. 2018. Pengaruh Penggunaan Hydrogen Fuel Cell terhadap Gas Buang HC dan CO serta Daya pada Mesin Avanza Otomatis 2013. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Hj. Dr. Widiyanti M.Pd (2) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E M.Pd M.M Kata Kunci Gas Buang Hidrogen Teknik Elektrolisis Air Hydrogen Fuel Cell Permasalahan pada kendaraan yang kerap kali mejadi sorotan publik ialah sisa hasil pembakaran berbentuk gas buang. Gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan mengandung gas yang berbahaya bagi lingkungan gas tersebut antara lain salah satunya gas hidrokarbon (HC) dan gas karbonmonoksida (CO). Gas tersebut dapat dikurangi dengan mencampurkan hidrogen ke dalam bahan bakar. Manfaat lain penggunaan hidrogen yaitu dapat meningkatkan daya kendaraan. Hidrogen didapat melalui teknik elektrolisis air. Teknik elektrolisasi air dalam skala kecil dilakukan dengan menggunakan Hydrogen fuel cell. Hydrogen fuel cell dalam memproduksi hidrogen melalui cara mengaliri air murni yang telah diubah sifatnya menjadi lebih ion dengan arus listrik. Arus listrik dialirkan dari baterai melalui kawat lalu menuju elektroda stainless steel yang telah dicelupkan ke dalam air. Beberapa saat setelah dialiri arus muncul gelembung pada kedua elektroda. Pada anoda terbentuk gelembung oksigen sementara pada katoda terbentuk gelembung hidrogen. Gas hidrogen dimasukkan ke dalam mesin untuk meningkatkan nilai oktan dan gas oksigen masuk ke dalam mesin untuk membantu proses pembakaran bahan bakar. Pengujian dilakukan pada mesin Avanza otomatis 2013 yang telah terpasang hydrogen fuel cell dengan menguji emisi gas buang dan daya. Pengujian dilakukan sebelum pemakaian alat dan saat pemakaian alat. Pengujian dilakukan mulai dari rpm 2000 hingga 5000 dengan kenaikan 500. Pengujian daya dilakukan dengan alat ukur dyno test sementara emisi gas buang dengan alat ukur gas analyzer. Pengujian daya dan emisi gas buang di lakukan ditempat yang terpisah. Setelah mendapatkan data hasil ukur data akan di uji dengan teknik paired sample t-test untuk menyimpulkan hasil ukur namun sebelum melakukan uji data sampel dilakukan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa mesin uji yang diberi perlakuan menghasilkan emisi gas buang HC sebesar 136 3 ppm lebih tinggi dari mesin uji tanpa perlakuan. Hasil uji emisi gas HC tersebut tidak berbeda signifikan. Hasil uji emisi gas buang CO pada mesin uji yang diberi perlakuan sebesar 9 8% lebih rendah dari hasil uji emisi gas buang CO pada mesin uji tanpa perlakuan. Hasil uji emisi gas CO tersebut berbeda signifikan. Hasil uji daya pada mesin uji yang diberi perlakuan sebesar 56 9 HP lebih rendah dari hasil uji daya pada mesin uji tanpa perlakuan. Hasil uji daya tersebut tidak ada perbedaan yang signifikan. Kesimpulan 1). Pada uji emisi gas buang HC mesin Avanza otomatis 2013 yang terpasang hydrogen fuel cell menghasilkan gas HC sebesar 136 3 ppm. Produksi emisi gas HC mengalami kenaikan sebesar 0 6%. Pada uji emisi gas buang CO mesin Avanza otomatis 2013 yang terpasang hydrogen fuel cell menghasilkan iii gas CO sebesar 9 8%. Produksi emisi gas CO mengalami penurunan sebesar 14 8% 2). Hasil uji daya pada mesin Avanza otomatis 2013 yang terpasang hydrogen fuel cell sebesar 56 9 HP. Daya yang dihasilkan mengalami penurunan sebesar 0 2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43601

Actions (login required)

View Item View Item