Studi pengelolaan kesiswaan pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Yayan Raditya - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pengelolaan kesiswaan pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Yayan Raditya

Raditya, Yayan (2018) Studi pengelolaan kesiswaan pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Yayan Raditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Raditya Yayan. 2018.Studi Pengelolaan Kesiswaan Pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yoto S.T. M.Pd. M.M. (2) Marsono S.Pd.T. M.Pd Ph.D Kata Kunci Pengembangan Siswa Pembinaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pembinaan kesiswaan adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam hal pemanfaatan sumber daya yang ditujukan untuk membantu peserta didik dalam mengasah bakat dan minat yang dilaksanakan pada jam ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mensukseskan pelajaran kurikuler. Pembinaan kesiswaan menjadi salah satu faktor dari keberhasilan pelajaran kurikuler yang ada di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembinaan kesiswaan yang ada pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen antara lain (1) mengetahui jenis-jenis pembinaan kesiswaan (2) mengetahui struktur organisasi pembinaan kesiswaan (3) mengetahui perencanaan pembinaan kesiswaan (4) mengetahui pengorganisasian pembinaan kesiswaan (5) pengetahui penggerakan pembinaan kesiswaan (6) mengetahui pengawasan pembinaan kesiswaan dan (7) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dari pembinaan kesiswaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dengan menggunakan narasumber antara lain bapak Fajar S.Pd. selaku waka urusan kesiswaan bapak Rizal S.Pd. selaku staff anggota kesiswaan bapak Mahendra S.Pd. selaku pembina ekstrakurikuler futsal dan bapak Nanang S.Pd. selaku guru yang ada pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menemukan antara lain (1) ada dua program pembinaan kesiswaan yaitu OSIS dan ekstrakurikuler ekstrakurikuler sendiri dibagi terbagi menjadi futsal bola voli tapak suci bola basket pecinta alam sepak bola Remaja Pengurus Masjid marching band Ikatan Pelajar Muhammadiyah (2) struktur organisasi OSIS terdiri dari pembina ketua umum wakil ketua sekretaris bendahara koordinator bidang dan anggota bidang sedangkan untuk struktur organisasi Ekstrakurikuler dijelaskan sebagai berikut kepala sekolah waka urusan kesiswaan pembina ekstrakurikuler (3) proses perencanaan pembinaan kesiswaan yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen sendiri terjadi sebelum tahun ajaran baru dimulai semua pembina diharuskan menentukan target pencapaian serta dana yang dibutuhkan (4) proses pengorganisasian pembinaan kesiswaan dalam fase ini terdapat pembentukan kepengurusan OSIS dan pemilihan peserta didik yang hendak ikut pembinaan ekstrakurikuler dan pemilihan pembina ekstrakurikuler (5) proses penggerakan pembinaan kesiswaan setiap pembinaan kesiswaan melaksanakan sesuai dengna prosedur yang sudah ditetapkan penggunaan tempat dan waktu telah disediakan dan dijadwalkan oleh kesiswaan (6) proses pengawasan pembinaan kesiswaan dalam fase ini pengumpulan data dilakukan oleh kesiswaan yang akan digunakan sebagai bahan evaluasi (7) faktor pendukung datang dari peserta didik dan pihak sekolah peserta didik memberikan antusiasme yang sangat tinggi terhadap pembinaan kesiswaan setiap pihak sekolah juga ikut membantu dan memberikan dukungan terhadap pembinaan kesiswaan yang berjalan faktor penghambat antara lain kegiatan prakerin yang dilaksanakan oleh peserta didik kelas XI yang ii dapat menghambat pembinaan kesiswaan jarak tempuh peserta didik yang jauh dikarenakan mayoritas peserta didik memiliki rumah yang jauh dari sekolah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulakan bahwa di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen terdapat dua program pembinaan kesiswaan yaitu OSIS dan Ekstrakurikuler. Terdapat manajemen pembinaan kesiswaan yang terdiri dari perencanaan yang diadakan sebelum tahun ajaran baru pengorganisasian pembinaan kesiswaan yang berisi pembentukan struktur OSIS dan pemilihan peserta ekstrakurikuler penggerakan pembinaan kesiswaan yang tempat dan jadwal sudah diatur oleh kesiswaan dan pengawasan yang terdiri dari pengumpulan data yang akan digunakan untuk evaluasi. Faktor pendukung dari antusiasme peserta didik hingga faktor penghambat jauhnya rumah para peserta didik Kepada kepala sekolah disarankan untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan setiap bagian sekolah yang turut secara langsung dalam pembinaan kesiswaan demi menelurkan kebijakan-kebijakan yang diharap mampu meningkatkan efektifitas dari pembinaan kesiswaan sebagai contoh pemberian penghargaan ataupun insentif terhadap pembina dan peserta didik yang memenangkan kejuaraan untuk peserta didik bisa dalam bentuk beasiswa kepada waka urusan kesiswaan perlunya meningkatkan standarisasi dari evaluasi keterlaksanaan program evaluasi keberhasilan program peningkatan frekuensi pengawasan menjadi sebulan dua kali dan perlunya mendatangkan pembina kesiswaan yang sudah professional seperti pelatih sepak bola arema kepada pembina kesiswaan baiknya penggunaan sarana dan prasarana yang lebih maksimal pembentukan mental dan pemberian materi pada peserta didik dengan cara mendatangkan atlit lokal dari pembinaan kesiswaan tersebut kepada mahasiswa disarankan untuk mengembangkan penelitian ini dengan melakukan perbandingan penelitian yang selaras dengan konteks permasalahan tersebut sehingga akan muncul keunikan yang digunakan untuk membandingkan program yang sama pada sekolah yang berbeda. Sebagai contoh meneliti dengan tema (1) pembinaan kesiswaan pada sekolah SMK Penerbangan dan (2) pembinaan kesiswaan pada sekolah SMK Pelayaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43600

Actions (login required)

View Item View Item