Pengembangan modul elektronik biologi (MEB) berbasis problem based learning (PBL) dipadu think talk write (TTW) materi ekosistem dan perubahan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA / Siti Nurhikmah Mustadjuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik biologi (MEB) berbasis problem based learning (PBL) dipadu think talk write (TTW) materi ekosistem dan perubahan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA / Siti Nurhikmah Mustadjuddin

Mustadjuddin, Siti Nurhikmah (2022) Pengembangan modul elektronik biologi (MEB) berbasis problem based learning (PBL) dipadu think talk write (TTW) materi ekosistem dan perubahan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA / Siti Nurhikmah Mustadjuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah penting untuk dikembangkan pada abad ke-21 karena dapat digunakan dalam mengambil keputusan yang berorientasi pada solusi. Seorang individu dengan keterampilan pemecahan masalah tumbuh sebagai individu yang percaya diri yang dapat berpikir kreatif dan mandiri. Sebagaimana keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif juga menempati posisi penting dalam mempersiapkan generasi baru yang produktif dan mampu berinisiatif. Seseorang disebut kreatif ketika memiliki tindakan yang lebih terorganisir, memiliki rencana inovatif yang telah dipikirkan secara matang dan mampu mempertimbangkan dampak atau masalah lain yang akan muncul. Hasil angket analisis kebutuhan menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa termasuk dalam kategori rendah, sehingga dikembangkan Modul Elektronik Biologi (MEB) berbasis PBL dipadu TTW yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan Modul Elektronik Biologi (MEB) berbasis PBL dipadu TTW pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah desain instruksional Lee & Owens yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. MEB berbasis PBL dipadu TTW yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan Biologi. MEB berbasis PBL dipadu TTW diujicobakan kepada siswa kelas X MIPA SMAN 6 Barru. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data skor validasi MEB berbasis PBL dipadu TTW dan skor angket respons siswa dan respons guru dianalisis dengan teknik analisis persentase, data skor observasi keterlaksanaan sintaks dianalisis secara deskriptif dan uji regresi serta data skor pretest dan posttest keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif dianalisis menggunakan n-gain score dan uji-t berpasangan. Hasil perhitungan persentase kevalidan MEB berbasis PBL dipadu TTW menurut validator ahli materi, ahli media dan ahli praktisi pendidikan Biologi secara berurutan sebesar 100%, 98,95%, dan 91,33% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Persentase kepraktisan MEB berbasis PBL dipadu TTW menggunakan angket respons siswa sebesar 87,69% dengan kriteria sangat praktis. Hasil observasi keterlaksanaan sintaks menyatakan bahwa sintaks PBL dipadu TTW terlaksana dengan baik. Hasil uji n-gain score keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif secara berurutan yaitu 0,44 dan 0,43 yang masing-masing termasuk dalam kriteria keefektifan sedang. Adapun hasil uji-t keterampilan pemecahan masalah diperoleh data p-value (0,001) < 0,05 dengan kesimpulan yaitu terdapat pengaruh penggunaan MEB berbasis PBL dipadu TTW terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Sementara hasil uji-t pada keterampilan berpikir kreatif diperoleh data p-value (0,001) < 0,05 dengan kesimpulan yaitu pembelajaran menggunakan MEB berbasis PBL dipadu TTW secara signifikan mampu meningkatkan median keterampilan berpikir kreatif siswa (p<0.001). Keunggulan MEB berbasis PBL dipadu TTW adalah telah berbasis pembelajaran PBL dipadu TTW, telah teruji mampu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa, dapat digunakan di berbagai perangkat elektronik dan mudah pengoperasiannya karena tidak membutuhkan penginstalan aplikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:21
Last Modified: 25 Apr 2024 07:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4360

Actions (login required)

View Item View Item